5 Buah Yang Paling Baik Di Konsumsi Saat Sahur Dan Buka Puasa

09 Mei 2020

Hallo Happy People.

 

Happy People perlu asupan makanan bergizi tinggi selama bulan Ramadan untuk menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, tidak makan selama berjam-jam bisa membuat Anda rentan terhadap berbagai masalah kesehatan, mulai dari dehidrasi, kulit kering dan bibir kering, sembelit, sakit kepala, hingga kram perut. Nah, salah satu cara terbaik untuk menghindari berbagai masalah ini adalah dengan memperbanyak makan buah saat sahur dan juga berbuka. Apa saja pilihan buah untuk puasa yang paling baik?.

 

 

 

1. Semangka

Semangka adalah pilihan buah untuk puasa yang baik dimakan saat sahur maupun berbuka. Buah semangka mengandung 91% air yang bisa bantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan melembapkan kulit. Semangka juga kaya akan antioksidan likopen yang melindungi sel-sel tubuh terhadap kerusakan akibat serangan radikal bebas dari sinar matahari dan polusi lingkungan.

 

2. Stroberi

Sama seperti semangka, buah stroberi mengandung 91% air yang mampu mencegah dehidrasi. Stroberi juga termasuk buah tinggi vitamin C yang membantu menjaga daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan mata, hingga mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung.

Bukan hal yang asing lagi bukan jika Anda lebih sering lemot, bengong, dan sulit konsentrasi selama puasa? Ini karena otak kekurangan asupan nutrisi dari gula darah. Makan stroberi saat sahur dan berbuka bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif otak dan daya ingat berkat kandungan vitamin C dan antioksidannya. Maka, Anda bisa tetap produktif saat beraktivitas seharian meski tidak makan berjam-jam.

3. Kiwi

Kiwi adalah buah tinggi vitamin C lainnya yang juga kaya serat untuk membantu Anda kenyang lebih lama. Serat dalam kiwi bahkan lebih banyak daripada pisang. Hal ini juga menjadikan kiwi sebagai buah yang baik untuk pencernaan. Sebuah penelitian menunjukkan makan dua buah kiwi dalam sehari selama satu bulan dapat membantu mengurangi sembelit.

Menariknya, kiwi tidak mengandung gula fruktosa sebanyak buah-buahan lainnya yang bisa menyebabkan perut kembung. Kiwi adalah buah rendah gula yang justru membantu tubuh memecah glukosa dengan lebih efektif, sehingga menjaga kadar gula darah.

Selain itu, kiwi juga kaya dengan vitamin C yang berfungsi mengolah lemak pada tubuh menjadi energi. Jadi, makan buah kiwi menghindari Anda dari risiko sembelit sekaligus membantu tubuh Anda tetap berenergi.

4. Jeruk

Pilihan buah untuk puasa lainnya yang tidak kalah menyehatkan adalah jeruk. Tidak hanya mudah didapat, jeruk juga kaya akan vitamin C yang bantu mencegah Anda dari rasa lemas dan lesu selama berpuasa.

Vitamin C, vitamin A, tembaga, dan folat yang ada pada buah jeruk memicu produksi sel darah putih yang berperan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Maka tidak heran jika Anda jadi lebih kebal dari serangan berbagai macam penyakit seperti flu dan pilek jika Anda rajin makan buah jeruk saat sahur dan berbuka puasa. Selain itu, jeruk juga mengandung flavonol naringenin yang bisa mengobati sembelit.

5. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak sehat dan protein nabati yang mengenyangkan. Alpukat termasuk saah satu makanan yang paling sehat untuk jantung, karena lemak sehat dari buah hijau legit ini membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Buah alpukat juga tinggi kandungan vitamin E yang membantu melindungi kulit dari serangan radikal bebas. Manfaat vitamin E sudah dikenal lama bisa menjaga kulit tetap kenyal dan lembap, yang sangat menguntungkan selama berpuasa.

Selain itu, alpukat mengandung biotin dan vitamin yang baik untuk produksi kolagen guna menjaga kesehatan kuku dan rambut. Magnesium yang terkandung dalam alpukat dapat memberikan efek relaksasi, sehingga baik untuk meredakan ketegangan otot dan menyembuhkan kelelahan.

Demikianlah buah-buahan yang baik di konsumsi Happy People saat berpuasa.

sumber : https://hellosehat.com/hari-raya/ramadan/rekomendasi-buah-untuk-puasa/

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya