5 Alasan Bahaya Makan Mie Instan saat Sahur

27 April 2021

Sahur merupakan waktu dimana umat muslim makan dan minum sebelum menjalankan ibadah puasa. Saat sahur memang paling mepet dan tidak leluasa seperti berbuka. Maka dari itu, banyak orang lebih memilih mengkonsumsi menu makanan instan. Salah satu produk yang cukup banyak dikonsumsi tak lain adalah mie Instan.

Seperti diketahui, mie instan merupakan makanan paling mudah ditemukan, mudah dibuat, serta murah harganya. Makanan ini menjadi favorit di saat ‘tanggal tua’ atau karena keterbatasan waktu yang mengharuskan kita untuk segera makan. Meski begitu, apakah berbahaya makan mie instan saat sahur? 

Nah #happypeople meskipun mie instan lezat, namun sebenarnya makanan tersebut kurang dianjurkan untuk menu sahur. Mie instan saat sahur tidak disarankan demi kesehatan. Berikut ini ada beberapa alasan mengapa mie instan tidak dianjurkan sebagai menu santap sahur.

  1. Mengandung Karbohidrat sederhana

Dilansir dari IDNTIMES, Konon mie instan mengandung zat karbohidrat sederhana. Dalam publikasi Everyday Health, karbohidrat sederhana merupakan jenis karbohidrat yang buruk. Hal ini dikarenakan kandungan gula yang semestinya jadi asupan yang terkontrol agar tidak berlebihan.

  1. Kenyang Sementara

Mengkonsumsi mie instan dipercaya hanya memberikan perasaan kenyang sementara. Hal ini dikarenakan proses peleburan karbohidrat sederhana yang cukup singkat sebab zat tersebut benar-benar hanya gula. Di dalam mie instan tidak terdapat kandungan serat atau zat lain yang menyertainya. Oleh karena itu, mengonsumsi jenis karbohidrat ini, tubuh akan mudah lapar.

  1. Kalori Mie Instan Lebih Tinggi dari Nasi

Mie instan merupakan jenis makanan yang tinggi kalori. Konon jumlahnya melampaui kalori yang ada didalam nasi. Menurut penelitian, satu porsi mie instan dengan berat 70 gram mengandung sekitar 380 kalori. Sedangkan, satu prosi nasi dengan berat yang sama hanya mengandung 92 kalori.

  1. Rasa Haus yang Lebih

Mie instan ternyata bisa membuat rasa haus dalam tubuh lebih besar.  Kandungan sodium atau garam yang tinggi lah yang memicu rasa haus berlebih. Menurut penelitian, hal ini terjadi karena garam yang ada di darah akan menarik cairan yang tersimpan di dalam sel di sekitarnya. Di saat itulah, otak akan menerima rangsangan sinyal bahwa sel sedang dalam dehidrasi. Oleh karena itu, tubuh pun akan merespon dengan merasa haus. 

  1. Tambah Sayuran dan Buah-Buahan

Sebenarnya, mengkonsumsi mie instan untuk sahur adalah hal yang sah-sah saja. Namun, bila ingin mendapatkan nutrisi yang seimbang, maka kamu perlu mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Selain keduanya, kamu juga bisa menambahkan daging, telur, dan sebagainya. Semua asupan tambahan tersebut memiliki kandungan serat dan mineral air yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, sudah tahu kan bahaya makan mie instan saat sahur? Semua kembali kepada masing-masing untuk menu pilihannya. Kalau kamu mau buat makanan sendiri dirumah, pastikan selalu semua peralatan dapur terjaga kebersihannya. Gunakan peralatan dapur berkualitas dan awet dari bahan stainless steel.

Salah satu penyedia peralatan rumah tangga stainless terpercaya adalah nagakomodo.co.id Naga Komodo menyediakan beragam produk kebutuhan peralatan rumah tangga seperti sendok, gunting daging, pisau, botol, sedotan, dan lain-lain yang semua terbuat dari bahan stainless berkualitas tinggi dan aman bagi lingkungan. Informasi selengkapnya tentang produk peralatan rumah tangga dari Naga Komodo dapat dilihat dengan mengunjungi laman https://nagakomodo.co.id/produk dan Instagram @Nagakomodo.id

Artikel Terkait Lainnya

3 Rahasia Tumisan Lezat ala Chef Profesional

30 April 2024

Tumisan adalah hidangan favorit banyak orang karena kepraktisannya dan rasa yang mudah disesuaikan.

Lihat Selanjutnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya