5 Hadiah Spesial Yang Biasa Diberikan Saat Perayaan Imlek

31 Januari 2020

Tahun baru Chna atau Imlek yang jatuh pada tanggal 25 Januari lalu dirayakan meriah oleh seluruh warga Tionghoa. Imlek merupakan momen religius sekaligus kegembiraan yang disambut dengan kegiatan khusus. Dalam menyambut imlek kebanyakan pemeluk agama Budha dan Konghucu merayakannya dengan hal-hal positif seperti, tukar kado, makan bersama, berkumpul dengan keluarga, dan lain-lain. 

 

Nah #happypeople perlu kamu tahu, merayakan Imlek bisa dilakukan dengan hal sederhana namun tetap berkesan. Salah satu cara mengungkapkannya adalah dengan memberikan sebuah hadiah. Hal itu merupakan bentuk rasa kasih sayang dan perhatian kamu untuk orang tercinta. Apa saja hadiahnya? Berikut ini ada 5 hadiah sederhana yang biasa diberikan untuk keluarga dan sahabat saat perayaan Imlek.

 

  1. Angpao

angpau-5-Hadiah-Spesial-Yang-Biasa-Diberikan-Saat-Perayaan-Imlek-

Imlek tidak lengkap rasanya, jika tanpa angpao. Angpao adalah amplop merah berisi uang sebagai hadiah. Menurut sejarah, angpao memiliki makna khusus sebagai bungkusan merah untuk mengusir setan. Selain itu, warna merah sendiri juga memiliki arti sebagai simbol kebahagian, kebaikan hati dan kebenaran.

 

Bagi-bagi angpao sudah menjadi tradisi yang biasa dilakukan saat perayaan Imlek. Kamu bisa menyiapkan angpao dengan mengisi beberapa pecahan uang di dalamnya. Selain membawa kebahagiaan bersama, angpao juga punya nilai kemanusiaan. Sebab, dalam sejarahnya angpao memiliki makna “transfer” kebahagiaan. Tidak salah bila angpao diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan, sehingga kegembiraan Imlek dirasakan semua orang.

 

  1. Kartu Ucapan

kartu-ucapan-5-Hadiah-Spesial-Yang-Biasa-Diberikan-Saat-Perayaan-Imlek-

Kartu ucapan merupakan hadiah yang paling simple saat perayaan Imlek. Kartu ucapan memiliki kesan sendiri saat diberikan untuk seseorang. Selain itu, bentuk kartu juga biasanya dapat di-custome dengan desain yang unik. Kata-kata menarik juga sering tertulis dalam kartu agar menjadi pesan bahagia untuk semua orang.

Sedangkan, warna kartu ucapan biasanya menggunakan warna yang meriah supaya makna Imlek lebih terasa bahagia. Kartu ini lebih sering dibagikan kepada adik, kakak, ayah, ibu, sahabat, dan orang-orang tercinta.

 

  1. Pakaian

pakaian-5-Hadiah-Spesial-Yang-Biasa-Diberikan-Saat-Perayaan-Imlek-

 

Kado Imlek sederhana selanjutnya adalah pakaian. Dalam tradisi imlek ada dua pakaian khas yang biasa dipakai yakni Cheongsam dan Changshan. Pakaian ini selalu identik digunakan saat Imlek. Namun, bukan sekedar pakaian saja, Cheongsam dan Changshan juga memiliki sejarah dan makna di masa lalu. 

 

Dari sejarah nenek moyang warga Tionghoa diceritakan bahwa pakaian Cheongsam memiliki arti kedudukan tinggi. Pakai Cheongsam atau sering dikenal Qipao memiliki simbol kedudukan sosial kelas atas bagi kaum perempuan. Sama halnya dengan Cheongsan, Changshan juga pakaian yang biasa digunakan oleh masyarakat sosial kelas atas pada zamannya. Changshan memiliki simbol kedudukan tinggi. Namun, pakaian ini khusus digunakan oleh para laki-laki saat menghadiri sebuah pesta.

 

Sekarang ini, pakaian khas Imlek tersebut menjadi pilihan alternatif yang biasa diberikan sebagai hadiah kepada seseorang. Pakaian tersebut terkadang diberikan kepada anggota keluarga dan digunakan seragam seragam bersamaan. Selain pakaian khas, barang lain yang biasa diberikan sebagai pelengkap pakaian yakni topi, sepatu, syal, dan sebagainya.

 

  1. Mainan

mainan-5-Hadiah-Spesial-Yang-Biasa-Diberikan-Saat-Perayaan-Imlek-

Mainan menjadi kado menarik saat Imlek. Mainan biasanya dibagikan sebagai hadiah untuk anak-anak  di bawah umur. Mainan seperti truk, mobil mini, atau puzzle box cukup digemari oleh anak-anak. Tentunya hadiah ini membawa kebahagiaan sendiri untuk mereka setiap imlek. Selain mainan, barang lain yang bisa jadi pilihan pelengkap adalah buku, tas, peralatan sekolah, dan lain-lain.

 

  1. Makanan Dan Minuman

makanan-5-Hadiah-Spesial-Yang-Biasa-Diberikan-Saat-Perayaan-Imlek-

Dalam perayaan Imlek, ada beberapa makanan dan minuman yang biasanya disajikan sebagai hadiah. Makanan dan minuman ini boleh dibilang cukup khas yang ada hanya saat Imlek. Untuk makanan, kue kering seperti kue keranjang, kue salju, dan kue kipas paling banyak muncul saat perayaan. Makanan tersebut memang dianggap cukup istimewa setiap perayaan imlek. Sedangkan seduhan minuman khas yang biasa ada saat  Imlek yakni teh, minuman sarang burung walet, atau cincau. 

 

Nah, #happypeople hadiah mana yang kamu berikan untuk orang tercinta saat Imlek kemarin?



Reference: 
 

https://uprint.id/blog/5-hadiah-yang-cocok-diberikan-saat-perayaan-imlek/

 

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3880142/sambut-imlek-ini-6-hadiah-yang-bisa-kamu-berikan-kepada-orang-tersayang

 

 

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya