6 Tips Mudah Merawat Sendok dan Garpu Stainless Steel

14 Desember 2020

Merawat kebersihan alat makan tentu merupakan kewajiban. Sendok dan garpu merupakan benda yang bersentuhan langsung dengan tubuh pada saat makan. Maka dari itu, penting untuk menjaga sendok dan garpu Kamu supaya tetap dalam kondisi bersih. Kebanyakan orang memiliki sendok dan garpu di rumah yang terbuat dari bahan stainless steel. Nah #happypeople mari simak tips untuk merawat sendok dan garpu stainless steel berikut:

 

1. Cuci dengan Teliti

 

Mencuci sendok dan garpu setiap setelah selesai makan adalah hal paling dasar yang tidak boleh dilewatkan. Jangan hanya bilas dengan air saja. Cucilah dengan sabun cuci piring dan air bersih. Gunakanlah spons yang lembut dan bersih. Mencuci sendok dan garpu berguna untuk menghilangkan minyak-minyak pada makanan yang menempel.

 

2. Sikat Sisa Makanan yang Menempel

 

Biasanya, sendok dan garpu memiliki motif ukiran pada pegangannya. Sisa makanan bisa saja terselip pada ukiran tersebut. Gunakanlah bagian belakang dari spons yang bertekstur kasar untuk menghilangkan sisa makanan dan membersihkan sendok dan garpu secara total. Apabila spons yang Kamu miliki tidak mempunyai tekstur kasarnya, Kamu juga dapat menggunakan sikat gigi bekas yang masih bersih sebagai pengganti.

 

3. Segera Keringkan Sendok dan Garpu Sebelum Disimpan

 

Sebelum menyimpan sendok dan garpu di tempat penyimpanan, ada baiknya Kamu mengeringkannya terlebih dahulu. Alasannya, kondisi sendok dan garpu yang lembab setelah dicuci dapat dihinggapi kuman. Keringkan sendok dan garpu menggunakan lap atau Kamu dapat membiarkannya di tempat terbuka untuk diangin-anginkan. Pastikan lap atau ruangan tempat Kamu mengangin-anginkan sendok dan garpu tersebut bersih.

 

4. Simpan dalam Tempat Tertutup

 

Setelah kering, segera simpan sendok dan garpu Kamu dalam tempat tertutup yang bersih. Membiarkan sendok dan garpu di tempat terbuka terlalu lama akan membuat keduanya berdebu dan kotor lagi.

 

5. Hindari Menaruh Pewangi dekat Tempat Penyimpanan

 

Jangan menaruh pewangi atau kamper di dalam atau di sekitar tempat penyimpanan sendok dan garpu. Bau dari pewangi tersebut dapat menempel di sendok atau garpu dan membuat selera makan hilang. Selain itu, ada juga potensi zat kimia yang terdapat dalam pewangi menjadi racun dalam tubuh. Tempat penyimpanan alat makan seharusnya tidak butuh pewangi, karena alat makan tidak akan menjadi bau dengan sendirinya.

 

6. Hilangkan Noda dan Karat dengan Soda Kue dan Cuka

 

Apabila Kamu melihat adanya noda atau karat pada alat makan stainless steel Anda, jangan langsung buang peralatan makan tersebut. Kamu masih dapat menghilangkannya. Tentunya ada bahan kimia penghilang karat yang dijual di pasaran, namun Kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Gunakan soda kue atau cuka untuk menghilangkan noda atau karat. Caranya, rendamlah sendok atau garpu Kamu yang berkarat di dalam campuran soda kue dengan air atau cuka. Lalu, tunggu 5 sampai 10 menit. Setelah itu, gosoklah bagian yang berkarat dengan sikat lembut sampai karatnya hilang. Terakhir, cuci sendok atau garpu Kamu seperti biasa.

 

 

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya