7 Macam Jenis Pisau dan Fungsinya

21 Oktober 2020

Kebanyakan orang hanya memiliki dua atau tiga jenis pisau di rumahnya. Padahal, jenis pisau ada banyak sekali. Tidak semua bahan makanan cocok diolah dengan menggunakan satu jenis pisau yang sama. Pisau dapur terbagi ke dalam beberapa jenis yang sudah disesuaikan dengan kegunaannya. Bentuknya pun disesuaikan dengan fungsi penggunaannya agar kegiatan memotong bahan makanan menjadi lebih mudah dan efisien. 

Nah #HappyPeople, coba cek ada berapa jenis pisau di dapurmu. Mari kita bahas berbagai jenis pisau dapur dan fungsinya!

1. Chef’s Knife

Pisau ini adalah pisau serbaguna yang paling banyak dimiliki dan digunakan orang banyak. Sesuai dengan namanya, pisau ini sering digunakan oleh para chef untuk memotong berbagai jenis bahan makanan. Pisau ini berukuran sedang dengan panjang sekitar 20 hingga 30 cm, chef’s knife juga sering disebut sebagai pisau serbaguna.

Sifatnya yang serbaguna membuat banyak orang lebih suka memiliki satu pisau serbaguna ini ketimbang set pisau dapur. Kamu bisa memakainya untuk memotong daging, mengiris sayuran, hingga mencincang bawang dan berbagai bumbu lainnya. Pisau ini juga dapat memotong daging dan tulangnya walau agak sedikit lebih sulit dan memerlukan tenaga.

 

2. Cleaver Knife

Pisau ini biasanya terlihat di toko daging karena kegunaannya yang pas untuk memotong daging berukuran besar. Selain itu, cleaver juga bisa digunakan untuk memotong tulang hewan yang keras. Pisau dapur ini memiliki bentuk persegi dan cukup berat. Gagangnya yang lebih kokoh dibandingkan dengan jenis pisau lainnya.

Pisau ini juga sering disebut sebagai Chinese Chef’s Knife karena sering dipakai juru masak Cina. Chef terkenal di Tiongkok menggunakan pisau ini untuk mencincang makanan, sayur, dan tentunya memotong daging yang besar.

 

3. Slicing Knife

Pisau dapur yang satu ini berbentuk mirip dengan pisau serba guna, namun lebih sempit, panjang, dan tipis. Fungsinya adalah untuk mengiris makanan hingga sangat tipis, bisa berupa daging asap, daging ayam, serta sapi. Selain itu, jenis pisau dapur ini juga bisa digunakan untuk mengiris bahan lainnya seperti bawang, tomat, timun ataupun mengelupas kulit buah.

 

4. Boning Knife

Pisau ini berfungsi untuk memisahkan daging dari tulang. Ciri khas dari pisau ini adalah bentuknya yang melengkung serta mengecil di bagian ujung. Lengkungan pada ujung pisau berguna untuk mempermudah para chef untuk melakukan debonning atau melepaskan tulang dari daging. Pisau ini berukuran kecil, namun ketajaman mata pisaunya tak perlu diragukan lagi. Kamu harus sangat berhati-hati saat menggunakannya.

 

5. Mincing Knife

Pisau dapur yang satu ini digunakan untuk mencincang bahan makanan. Mincing knife memiliki bentuk yang tidak biasa, pisau ini berukuran besar dan memiliki dua gagang pisau dan berbentuk melengkung. Cara menggunakannya adalah dengan memegang kedua gagang pisau dengan tangan dan menggoyangkannya ke kiri dan kanan sampai bahan makanan menjadi halus. Namun, jenis pisau dapur ini agak sulit dijumpai di pasaran untuk digunakan di dapur rumahan.

 

6. Paring Knife

Pisau ini memiliki bentuk yang hampir menyerupai chef’s knife, namun hanya memiliki panjang sekitar 10 sampai 17 cm dan melengkung di badan pisau. Pisau yang satu ini berguna untuk mengupas buah dan sayur. Selain itu, paring knife juga dapat digunakan untuk memisahkan kulit udang serta membuat hiasan buah dan sayur.

 

7. Serrated Knife atau Bread Knife

Pisau ini digunakan untuk mengiris dan memotong roti. Secara bentuk, bread knife memiliki ukuran yang panjang dan bergerigi di salah satu sisinya. Tekstur tersebut dirancang agar kue atau roti tidak hancur dan menghasilkan banyak remahan kasar saat dipotong. Pisau ini bisa juga dipakai untuk memotong sayur dengan tekstur kulit luar yang licin, misalnya tomat, terong, atau mentimun.

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya