7 Peralatan Masak yang Dibutuhkan saat Ramadhan

02 Mei 2020

Ramadhan di masa pandemi memang rasanya agak sulit. Kalau sebelumnya kita bisa mencari makanan ke luar untuk sahur dan berbuka, kini segalanya serba terbatas. Oleh karenanya, masak di rumah jadi pilihan yang paling memungkinkan.

Nah, bagi kamu yang sudah persiapan untuk masak di rumah selama Ramadhan, ada beberapa peralatan masak yang dibutuhkan. Peralatan masak ini sangat esensial, sehingga jika kamu memilikinya, maka kamu bisa masak berbagai jenis makanan.

Jadi, berikut adalah 7 peralatan masak yang dibutuhkan untuk Ramadhan:

 

1. Chef’s Knife

Bukan berarti kamu harus jadi chef untuk menggunakannya. Chef’s knife adalah jenis pisau yang bisa digunakan untuk memotong apa saja.

Dengan satu jenis pisau ini, kamu bisa memotong, mengiris, mencincang, hingga memecah tulang. Genggaman pisau juga lebih kokoh dan nyaman saat digenggam. Kamu bisa memotong bahan pangan apa pun.

2. Talenan

Ada pisaunya, harus ada talenannya. Pilihlah yang berbahan kayu. Untuk ukuran, cari yang jangan terlalu kecil sehingga kamu punya ruang untuk meletakkan lebih banyak bahan yang telah dipotong.

3. Spatula

Spatula atau sodet juga menjadi alat masak yang wajib dimiliki untuk masak selama Ramadhan.

4. Peeler

Walaupun ini peralatan masak yang dibutuhkan saat Ramadhan ini enggak terlalu esensial, tapi peeler atau pengupas buah dan sayur akan banyak membantumu. Peeler bikin proses masak kamu jauh lebih cepat dan efisien.

Pastikan kamu beli yang benar-benar berkualitas dan tak mudah berkarat. Pastikan setelah kamu menggunakannya, cuci dengan benar-benar bersih supaya umur peeler lebih awet.

5. Wajan

Dilansir InStyle, wajan berbahan stainless jadi favorit para chef. Meskipun ukurannya besar dan cukup berat saat digenggam, namun banyak chef yang menggunakan alat masak ini.

Nah, buat kamu yang ingin masak lebih sehat, bisa mencari wajan antilengket yang biasanya menggunakan alumunium. Selain mengurangi penggunaan minyak, membersihkan wajan antilengket juga lebih mudah dibanding wajan lainnya.

 

6. Panci

 

Panci sangat penting untuk memasak aneka sayur saat Ramadhan. Pastikan kamu beli yang ukurannya sedang sehingga bisa buat masak untuk semua anggota keluarga.

7. Blender

Tak sedikit orang yang kerap menyamakan fungsi blender dengan penggiling makanan. Kendati keduanya sama-sama dapat menghaluskan makanan, namun sejatinya blender lebih dikhususkan untuk mengolah makanan yang bertekstur lebih halus ketimbang penggilingan.

Sebaiknya kamu memilih blender yang bisa digunakan untuk berbagai fungsi. Kamu tinggal menyesuaikan wadah blendernya dengan apa yang ingin kamu haluskan.

Di masa Ramadhan, kamu akan banyak berjibaku dengan makanan kaya bumbu. Oleh karenanya, sebuah blender untuk bumbu halus akan sangat membantu kamu untuk masak berbagai makanan.




 

Sumber : https://today.line.me/id/pc/article/7+Peralatan+Masak+yang+Dibutuhkan+untuk+Ramadhan-PQVez7

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya