7 Ragam Jenis Wajan Beserta Fungsinya

21 Oktober 2020

Wajan adalah peralatan dapur yang serbaguna. Tidak hanya untuk menggoreng, wajan penggorengan juga dapat digunakan untuk berbagai fungsi, mulai dari menumis, memanggang, hingga memasak makanan berkuah. Karena itulah sebagian besar rumah sudah merasa cukup dengan hanya memiliki satu wajan saja di dapurnya. Sebenarnya, penggunaan wajan yang seperti ini membuatnya rentan akan kerusakan. Oleh sebab itu, dibutuhkan beberapa jenis wajan yang sesuai dengan kebutuhannya.

 

Nah #HappyPeople, berikut ada jenis-jenis wajan dan fungsinya yang sesuai.

 

1. Frypan

 

Wajan yang satu ini memiliki bentuk yang datar dan berfungsi untuk menumis atau menggoreng makanan dengan sedikit minyak. Frypan sendiri tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga besar. Bahan pembuatnya pun bermacam-macam, ada yang terbuat dari teflon atau stainless steel yang biasa digunakan oleh para juru masak. Frypan dapat membuat makanan cepat matang meski tanpa minyak yang banyak.

2. Sauce Pan

Sesuai dengan namanya, wajan yang satu ini dapat digunakan untuk membuat saus. Wajan ini memiliki lekukan yang agak dalam untuk memudahkan membuat saus. Diameter wajan ini sekitar 14 - 18 cm. Wajan ini juga lebih sering disebut sebagai panci. 

3. Wok

Wok memiliki bentuk yang melingkar dan cekungan yang dalam. Cekungan yang dalam memungkinkannya untuk menampung minyak dalam jumlah besar. Maka dari itu, wok biasa digunakan untuk menggoreng atau menumis sesuatu yang membutuhkan banyak minyak. Wok juga tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga besar. Penggunaan wok sangat populer di negara asalnya, Cina, dan juga negara Asia Tenggara lainnya. Wok lebih sering disebut sebagai kuali.

 

4. Grill Pan dan Griddle Pan

Baik grill pan dan griddle pan digunakan untuk memanggang. Perbedaannya terletak pada tekstur lapisannya. Grill pan memiliki permukaan yang bergerigi, biasanya digunakan untuk memanggang daging sapi, ayam, dan ikan. Kalau kamu sering melihat garis-garis pada permukaan daging saat menyantap hidangan steak, maka hal tersebut didapatkan dari lapisan bergerigi yang ada pada grill pan. Sedangkan, griddle pan memiliki permukaan yang rata. Griddle pan lebih cocok digunakan untuk memanggang roti, tape, dan lainnya. Griddle pan digunakan untuk hasil panggangan dengan tampilan yang polos atau tidak bertekstur.

5. Stock Pot

Kegunaan dari wajan ini ialah untuk memasak makanan berkuah. Karena wajan ini memiliki volume yang besar, masakan bisa direndam secara menyeluruh dalam satu wajan sehingga menghasilkan tingkat kematangan yang sempurna. Volume yang besar juga membuat stock pot mampu menampung banyak minyak, sehingga wajan ini juga cocok untuk menggoreng makanan dengan teknik deep fried. Makanan yang ingin kamu goreng dapat masuk seutuhnya ke dalam stock pot. Bentuknya hampir sama dengan sauce pan namun ukurannya saja yang berbeda. Stock pot memiliki ukuran yang lebih tinggi dengan pegangan di kedua sisinya. 

6. Braising pan

Wajan ini memiliki bentuk hampir silinder dan kerap digunakan sebagai alat untuk merebus, mengukus, atau mengungkep masakan. Biasanya digunakan untuk memasak rendang atau semur. Braiser pan biasanya berdiameter 27-30 cm, dan dapat menampung 2 sampai 5 liter masakan.

 

7. Saute Pan

Saute pan memiliki ukuran yang lebih besar dan ketinggian sedang bila dibandingkan dengan frying pan. Bentuknya pun mirip dengan frypan. Saute pan dilengkapi dengan gagang untuk memudahkan penggunanya. Benda ini biasa digunakan untuk menumis dan menggoreng meski tidak dapat menampung minyak terlalu banyak.

 

Beraneka ragam wajan tersebut bisa kamu pilih sesuai bahan material yang diinginkan. Kalau kamu mencari wajan dan peralatan stainless berkualitas serta tahan lama, produk Nagakomodo bisa jadi rekomendasi terbaik.

 

Metades:

 

Sumber:

https://www.dekoruma.com/artikel/3643/aneka-wajan-dan-manfaatnya 

https://review.bukalapak.com/food/jangan-asal-pakai-ini-dia-7-jenis-wajan-dan-fungsinya-93529

 

 

Artikel Terkait Lainnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya

Jangan Panik! Inilah Cara Terbaik Mengatasi Luka Bakar saat Memasak

27 Pebruari 2024

Menangani luka bakar saat memasak merupakan keterampilan penting yang dapat membantu mencegah kerusa

Lihat Selanjutnya

4 Macam Jenis Pisau Dapur yang Wajib Kalian Punya

13 Pebruari 2024

Pisau dapur adalah salah satu peralatan penting di setiap dapur. Dengan memiliki berbagai jenis pisa

Lihat Selanjutnya