Apa itu Nampan? Ini Penjelasan dan Fungsinya

28 Desember 2020

Mungkin bagi banyak orang khususnya kaum hawa sudah tidak asing lagi dengan nampan. Peralatan rumah tangga satu ini pasti tersedia di setiap rumah. Tapi, tahukah Kamu sebenarnya apa sih itu nampan? Dan seperti apa fungsinya?

Nampan atau lumrah disebut dengan baki merupakan satu dari sekian banyak perlengkapan dapur. Nampan sendiri sangat berguna terutama ketika akan menghidangkan makanan dan minuman untuk tamu. 

Fungsi Nampan

Namun, sekarang ini keberadaan nampan lebih variatif mulai dari jenis bahan yang dipakai serta fungsinya. Selain digunakan untuk kebutuhan di rumah ternyata nampan juga memiliki nilai keindahan tersendiri. Nah, #happypeople berikut ini fungsi nampan yang bisa kamu manfaatkan.

  1. Tempat Wadah Makanan dan Minuman

Fungsi nampan yang pertama adalah untuk menyajikan makanan dan minuman. Nampan yang umumnya memiliki ukuran lebar sangat pas untuk digunakan sebagai wadah piring dan gelas. Dengan memakai nampan, kamu bisa membawa makanan dan minuman dengan aman dan mudah.

  1. Sebagai Hiasan

Siapa bilang nampan tidak bisa dipakai sebagai hiasan? Di era serba minimalis, nampan juga bisa berfungsi untuk menghias dan mempercantik ruangan. Beberapa jenis nampan sangat cantik bila digunakan sebagai aksen ruangan, misalnya diletakan di ruang tamu, di dapur, bahkan toilet.

  1. Hadiah

Fungsi nampan selanjutnya yaitu sebagai hadiah. Kalau kamu bingung ingin memberikan barang  yang bermanfaat untuk seseorang, nampan bisa jadi alternatif hadiah. Nampan layak dijadikan rekomendasi hadiah dalam momen tertentu misalnya pernikahan, ulang tahun, dan sebagainya. 

 

Nampan dari Bahan Stainless steel 

Bicara tentang material nampan yang paling banyak digunakan adalah stainless steel. Stainless steel merupakan bahan yang terbuat dari perpaduan logam dan sedikit krom. karakteristik nampan berbahan stainless steel cenderung lebih berat, tetapi memiliki sifat yang keras dan sangat kuat sehingga dapat digunakan dalam waktu yang sangat lama. 

Selain itu nampan berbahan stainless steel sangat awet karena tidak mudah terkena karat, jadi akan selalu terlihat bagus meski sudah lama digunakan. Dengan bahan stainless steel dapat menghasilkan nilai visual yang menarik dan bisa dijadikan sebagai hiasan di dapur. Nampan dan berbagai perlengkapan dapur dari bahan stainless steel bisa Kamu dapat di nakamodo.co.id. Dengan produk Nagakomodo, Kamu bisa dapatkan semua perlengkapan dapur berkualitas dan aman digunakan untuk keluarga.

 

 

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya