Begini Cara Mengasah Pisau Supaya Tajam dan Tips Belajar Masak untuk Pemula

11 November 2021

Kuliner jaman sekarang pasti mendorong keinginan untuk masak. Permasalahan belajar masak untuk pemula biasanya diawali dengan pertanyaan memulai dari mana. Nah, kali ini saya akan berbagi beragam kiat mendasar. Cocok untuk kamu yang ingin mengawali keinginan memasak.

 

1. Siapkan alat masak dan peralatan dapur yang berkualitas

Sekarang ini semakin banyak alat masak yang ramah di kantong. Daripada mencari bahan plastik atau merk premium, kamu bisa memulai dari bahan Stainless ataupun kayu. Setelah berinvestasi membeli kompor, siapkan Pisau berkualitas yang bisa dipakai untuk segala kebutuhan. Selain itu, siapkan juga spatula untuk memasak.

 

2. Kuasai teknik memasak yang basic

Ilmu memotong akan jadi pengetahuan yang sangat penting. Dengan mengetahui cara mengiris yang tepat serta cara mengolah berbagai bahan makanan, latihan setiap hari akan menjadikan kamu semakin ahli.

 

3. Mulai dari resep mudah dan ikuti dengan baik

Meskipun memasak berbeda dengan membuat dessert atau memanggang kue, bukan berarti caramu membumbui menjadi sembarangan. Idealnya, ketahui dulu takaran dan momen yang tepat untuk menaburkan garam dan merica, misalnya. Ketahui besar api di kompor agar masakan bisa renyah ataupun tidak hangus.

Resep masakan bisa kalian cek di instagram @nagakomodo.id 

 

4. Biasakan memilih bahan yang segar

Memang praktis untuk meminta tolong dibelikan ataupun berbelanja di supermarket. Dengan menguasai cara-cara memilih bahan segar, maka kamu akan semakin terlatih dan menikmati hasil akhirnya. 

 

5. Biasakan agar dapur bersih setiap saat

Menjaga kebersihan dapur adalah salah satu titik krusial keberhasilan sebuah bisnis restoran. Contoh ini dapat kita terapkan di rumah dan banyak aspek yang bisa kita pelajari. Misalnya saja yang paling simpel adalah menjaga agar daging mentah tidak bersentuhan dengan bahan makanan lainnya. Kontaminasi silang ini dapat beresiko menjadikan makanan tidak higienis.

 

Salah satu hal yang kerap membuat semangat memasak hilang adalah pisau tumpul. Proses memotong akan terasa sulit, lebih lama, dan hasilnya pun tidak rapi. Untuk itu, biasanya selalu sediakan batu asah saat akan memotong-motong bahan makanan. Jadi, kalau terasa tumpul, kalian bisa langsung mengasah pisau hingga tajam kembali.

Berikut cara mengasah pisau supaya tajam dengan cara yang baik dan benar :

1. Basahi batu asah dengan air

Sebelum digunakan, batu asah sebaiknya anda basahi dulu dengan air. Dalam keadaan basah, permukaan batu asah akan terlumasi dan memudahkan anda untuk menggesekkan pisau pada batu. 

2. Asah dengan kemiringan 10-20 derajat

Kalau melihat mata pisau dengan baik, anda pasti akan sadar kalau bagian tersebut tidak rata. Melainkan mengerucut, sehingga terbentuk bagian yang tajam. Maka dari itu, saat diasah, pisau pun tidak boleh dalam keadaan rata.

3. Asah secara searah ke bawah

Untuk membuat pisau tajam dan simetris, anda harus mengasahnya ke arah yang berlawanan dari arah biasanya memotong. Nah, berhubung arah memotong biasanya ke depan atau atas, maka saat diasah, pisau ditarik ke arah bawah. Tarik secara searah dan fokus pada satu sisi terlebih dulu sebelum menajamkan sisi satunya. Beri sedikit tekanan supaya mata pisau terkikis dengan baik.

4. Cukup 5-7 kali saja

Seringnya, kita tidak tahu harus mengasah setiap sisi mata pisau itu sampai kapan hingga tajam. Alhasil, kita terus-terusan mengasah dan membolak-baliknya hingga merasa yakin kalau pisau sudah tajam lagi.

5. Cuci bersih pisau setelah diasah

Mata pisau yang sudah diasah harus dicuci dulu sebelum digunakan memotong. Bekas asahan dan sisa-sisa permukaan batu asah yang tertinggal dapat memunculkan bakteri. Pastinya sangat bahaya kalau sampai masuk dalam makanan. Setelah dicuci bersih, keringkan mata pisau dengan tisu atau lap dapur sampai kering.

- Selamat Mencoba Happy People-







 

Sumber Artikel : https://resepkoki.id/teknik-mengasah-pisau-tajam-tahan-lama/

https://www.masakapahariini.com/inspirasi-dapur/kiat-belajar-masak-untuk-pemula/

Sumber Photo : Pixabay.com & Freepik.com

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya