Begini Cara Menjaga Imunitas Anak Hingga Cara Bikin Bawang Goreng Renyah Anti Gagal

14 Oktober 2021

Dokter spesialis anak di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura, Dian menyebut imunitas anak sangat penting untuk dijaga dan ditingkatkan selama pandemi.

Apalagi di masa pandemi Covid-19. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga harus memiliki imunitas tubuh yang kuat lantaran mereka tergolong dalam kelompok yang rentan terpapar Covid-19.

 

istockphoto-1336440854-612x612

sumber photo https://www.istockphoto.com/id/foto/hari-pertama-sekolah-gm1336440854-417697253

 

Berikut 5 cara menjaga imunitas anak yang bisa dilakukan orang tua:

 

1. Penuhi nutrisi

Nutrisi yang baik berpengaruh terhadap daya tahan tubuh anak

saat anak kekurangan gizi imunitasnya juga akan menurun.

Para orang tua bisa melakukan beberapa hal agar gizi anak terpenuhi. Misal untuk anak usia 0-6 bulan, penuhi kebutuhan ASI dengan maksimal.

 

Sementara untuk anak di atas usia 6 bulan, bisa mulai dilakukan MPASI dengan memberikan makanan sambil dibarengi dengan pemberian ASI.

 

2. Lakukan aktivitas fisik dan istirahat cukup

Tips agar anak terhindar dari berbagai gangguan kesehatan salah satunya dengan melakukan olahraga dan istirahat yang cukup. Saat pandemi, anak kurang beraktivitas fisik dan bergerak di luar rumah.

 

Ajak anak berolahraga atau melakukan beberapa aktivitas fisik, seperti bermain atau ikut membersihkan rumah, membereskan tempat tidur dan mainannya.

Selain itu, pastikan anak tidur cukup. Sebab kualitas dan kuantitas tidur sangat berpengaruh terhadap imunitas dan perkembangan anak.

 

3. Perilaku hidup bersih dan sehat

Ajarkan anak untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat. Anak akan mencontoh orang tua. Oleh karena itu biasakanlah cuci tangan pakai sabun dan beberapa kebersihan lainnya.

 

4. Vaksinasi dan jaga protokol kesehatan

Lakukanlah vaksinasi terhadap anak sesuai anjuran pemerintah. Ingatkan pula anak untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

 

5. Jaga mental anak

Selain hal yang berkaitan dengan fisik, para orang tua juga harus menjaga kesehatan mental anak. Ajaklah anak berbicara tentang hal yang sedang mereka rasakan.

 

Nah, kalau biasanya Happy People beli bawang goreng yang sudah jadi dan siap makan, gak ada salahnya sesekali coba membuat sendiri di rumah. Yuk simak dulu tips dan langkah membuat bawang goreng berikut ini, supaya kamu akan siap menghasilkan bawang goreng terbaik!

food-3326969_1920

 

Langkah pertama: pilih bawang merah besar

Kesuksesan membuat bawang goreng renyah dan nikmat dimulai dari pemilihan bawang merah sebagai bahan bakunya. Ukuran bawang merah yang besar adalah pilihan terbaik. Kamu juga wajib memastikan bawang merah dalam keadaan segar dan kering agar hasilnya bagus setelah digoreng.

Langkah dua: rendam dengan air garam

Salah urutan dalam memberitahumu langkah membuat bawang goreng. Setelah memilih bawang ukuran besar, kamu hanya perlu membersihkannya dan langsung merendam bawang merah dengan air garam dalam keadaan utuh. Merendam bawang merah setelah diiris dapat mengurangi aroma bawang.

 

Langkah ketiga: iris tipis

Nah, setelah merendam bawang merah dalam keadaan utuh, barulah kamu dapat mengirisnya. Bagian yang satu ini mengandung air mata. Namun sesulit apapun menahan pedihnya berurusan dengan bawang merah hingga membuatmu menangis, pastikan kamu mengirisnya setipis mungkin ya Happy People, kamu bisa Memotongnya menggunakan Pisau Damaskus

Langkah keempat: tambahkan tepung maizena

Satu kilo bawang hanya memerlukan satu sendok makan tepung maizena dan tidak lebih. Campur rata dan diamkan beberapa saat. Tepung maizena membuat bawang goreng jadi lebih renyah.

Langkah kelima: tiriskan bawang

Tentu saja sebelum digoreng bawang merah harus ditiriskan dari air rendamannya. Setelah itu, bawang merah juga perlu didiamkan selama satu hingga dua jam.

Setelah mengikuti lima langkah di atas, bawang merah siap digoreng! Gunakan Kuali Kamilia dan sediakan minyak yang cukup banyak supaya nantinya bawang merah dapat terendam.

Lalu tiriskan bawang yang sudah matang dengan Serok Minimalis untuk mengangkat bawang yang sudah matang.




 

sumber : https://www.cookin.id/read/027392/5-langkah-bikin-bawang-goreng-renyah-anti-gagal

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210929095013-255-700873/5-cara-menjaga-imunitas-anak


 

 

 

Artikel Terkait Lainnya

Serba-Serbi PRJ (Pekan Raya Jakarta) 2022

20 Juni 2022

PRJ (Pekan Raya Jakarta) alias Jakarta Fair 2022 resmi dibuka sejak hari Kamis (9/6/2022) kemarin. I

Lihat Selanjutnya

Fakta Menarik Sejarah Wajan/Penggorengan/Kuali

11 Juni 2022

Jika kita dengar kata menggoreng rasanya sudah tidak asing lagi ditelinga para ibu di indonesia, pas

Lihat Selanjutnya

Tips Memilih Alat Masak Untuk Dapur Baru

09 Juni 2022

Pindah ke rumah baru, tentu tidak hanya memikirkan furniture beserta tata letaknya, saat pindah ke r

Lihat Selanjutnya

Ini Fakta Menarik sejarah Sendok & Garpu

04 Juni 2022

Alat masak yang satu ini mungkin sudah umum bagi kita, dan bahkan hampir setiap hari kita menggunaka

Lihat Selanjutnya

Tips Membangkitkan Mood Memasak

03 Juni 2022

Susah sekali menghilangkan kebiasaan malas memasak buat para ibu dirumah, dan ini tuh memang sering

Lihat Selanjutnya