Cara Masak Ketupat yang Benar supaya Tidak Cepat Basi

30 April 2021

Ketupat merupakan makanan khas lebaran yang selalu disajikan oleh umat muslim di Indonesia. Makanan ini menjadi tradisi turun temurun yang terus dilestarikan oleh masyarakat dalam menyambut hari kemenangan. Namun, sekarang ini justru banyak generasi muda yang tak tahu bagaimana cara memasak ketupat.

Cara Masak Ketupat Cepat

Membuat ketupat memang dibutuhkan kesabaran dan ketelitian. Terlebih lagi, bahan-bahan yang diperlukan juga tak sedikit dan prosesnya menguras isi gas dirumah. Maka tak heran, bila hal ini membuat sebagian orang lebih memilih membeli ketupat yang sudah jadi ketimbang memasak sendiri. Di samping itu, hasil ketupat yang terkadang lembek atau hancur juga makin membuat orang makin malas membuatnya kembali. Nah #happypeople supaya tak salah, berikut cara memasak ketupat yang cepat, hemat, dan legit.

  1. Isi Beras dalam Ketupat dengan takaran yang pas

Dilansir dari laman Brilio, tips memasak ketupat pertama adalah menakar porsinya dengan pas. Usahakan mengisi ketupat dengan ukuran ? bagian. Sebab, jika kamu mengisi terlalu banyak dan tidak menyisakan ruang, bisa membuat hasil ketupat tidak maksimal. Ketupat bisa jadi tidak cepat matang dan akan terlalu keras.

  1. Perhatikan Waktu Merebus Ketupat

Cara memasak ketupat selanjutnya adalah memperhatikan durasi perebusan. Kamu harus mengatur durasi waktu merebus yang pas. Sebab, merebus ketupat membutuhkan waktu yang lama, sehingga kamu bisa gunakan timer agar tidak terlewat. Biasanya merebus ketupat membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk hasil yang maksimal.

  1. Gantung Ketupat yang Sudah Matang

Menggantung ketupat setelah matang dapat membuat kondisi ketupat lebih tahan lama. Dengan menggantung ketupat, air yang tertinggal di dalamnya bisa hilang. Sebab, kandungan air dapat membuat ketupat cepat lembek dan basi.

  1. Masukkan Ketupat ke dalam Pendingin

Untuk menjaga daya tahan ketupat, kamu juga bisa meletakannya di mesin pendingin. Saat ketupat sudah terasa kering, kamu bisa simpan di lemari pendingin. Ketupat bisa dikonsumsi dan akan bertahan untuk beberapa hari kedepan.

Itulah tadi beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat ketupat lebaran. Kamu bisa membuat ketupat dengan menggunakan panci berkualitas dari Naga Komodo. Merebus ketupat bisa lebih cepat dan kematangan merata dengan pilihan produk yang tepat dari Naga Komodo.

Naga Komodo menyediakan beragam produk kebutuhan peralatan rumah tangga seperti sendok, gunting daging, pisau, botol, sedotan, dan lain-lain yang semua terbuat dari bahan stainless berkualitas tinggi dan aman bagi lingkungan. Informasi selengkapnya tentang produk peralatan rumah tangga dari Naga Komodo dapat dilihat dengan mengunjungi laman https://nagakomodo.co.id/produk dan Instagram @Nagakomodo.id.

Artikel Terkait Lainnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya

Jangan Panik! Inilah Cara Terbaik Mengatasi Luka Bakar saat Memasak

27 Pebruari 2024

Menangani luka bakar saat memasak merupakan keterampilan penting yang dapat membantu mencegah kerusa

Lihat Selanjutnya

4 Macam Jenis Pisau Dapur yang Wajib Kalian Punya

13 Pebruari 2024

Pisau dapur adalah salah satu peralatan penting di setiap dapur. Dengan memiliki berbagai jenis pisa

Lihat Selanjutnya