Cara Masak Ketupat yang Benar supaya Tidak Cepat Basi

30 April 2021

Ketupat merupakan makanan khas lebaran yang selalu disajikan oleh umat muslim di Indonesia. Makanan ini menjadi tradisi turun temurun yang terus dilestarikan oleh masyarakat dalam menyambut hari kemenangan. Namun, sekarang ini justru banyak generasi muda yang tak tahu bagaimana cara memasak ketupat.

Cara Masak Ketupat Cepat

Membuat ketupat memang dibutuhkan kesabaran dan ketelitian. Terlebih lagi, bahan-bahan yang diperlukan juga tak sedikit dan prosesnya menguras isi gas dirumah. Maka tak heran, bila hal ini membuat sebagian orang lebih memilih membeli ketupat yang sudah jadi ketimbang memasak sendiri. Di samping itu, hasil ketupat yang terkadang lembek atau hancur juga makin membuat orang makin malas membuatnya kembali. Nah #happypeople supaya tak salah, berikut cara memasak ketupat yang cepat, hemat, dan legit.

  1. Isi Beras dalam Ketupat dengan takaran yang pas

Dilansir dari laman Brilio, tips memasak ketupat pertama adalah menakar porsinya dengan pas. Usahakan mengisi ketupat dengan ukuran ? bagian. Sebab, jika kamu mengisi terlalu banyak dan tidak menyisakan ruang, bisa membuat hasil ketupat tidak maksimal. Ketupat bisa jadi tidak cepat matang dan akan terlalu keras.

  1. Perhatikan Waktu Merebus Ketupat

Cara memasak ketupat selanjutnya adalah memperhatikan durasi perebusan. Kamu harus mengatur durasi waktu merebus yang pas. Sebab, merebus ketupat membutuhkan waktu yang lama, sehingga kamu bisa gunakan timer agar tidak terlewat. Biasanya merebus ketupat membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk hasil yang maksimal.

  1. Gantung Ketupat yang Sudah Matang

Menggantung ketupat setelah matang dapat membuat kondisi ketupat lebih tahan lama. Dengan menggantung ketupat, air yang tertinggal di dalamnya bisa hilang. Sebab, kandungan air dapat membuat ketupat cepat lembek dan basi.

  1. Masukkan Ketupat ke dalam Pendingin

Untuk menjaga daya tahan ketupat, kamu juga bisa meletakannya di mesin pendingin. Saat ketupat sudah terasa kering, kamu bisa simpan di lemari pendingin. Ketupat bisa dikonsumsi dan akan bertahan untuk beberapa hari kedepan.

Itulah tadi beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat ketupat lebaran. Kamu bisa membuat ketupat dengan menggunakan panci berkualitas dari Naga Komodo. Merebus ketupat bisa lebih cepat dan kematangan merata dengan pilihan produk yang tepat dari Naga Komodo.

Naga Komodo menyediakan beragam produk kebutuhan peralatan rumah tangga seperti sendok, gunting daging, pisau, botol, sedotan, dan lain-lain yang semua terbuat dari bahan stainless berkualitas tinggi dan aman bagi lingkungan. Informasi selengkapnya tentang produk peralatan rumah tangga dari Naga Komodo dapat dilihat dengan mengunjungi laman https://nagakomodo.co.id/produk dan Instagram @Nagakomodo.id.

Artikel Terkait Lainnya

Tips Memasak Agar Jago Di Dapur

27 Januari 2022

  Siapa yang tak suka memasak? memasak menjadi salah satu keasyikan tersendiri bagi para i

Lihat Selanjutnya

Awas !! Varian Omicron Virus Corona Sudah Menyebar Di Indonesia Begini Cara Pencegahannya.

10 Januari 2022

Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) mengumumkan varian Omicron telah masuk ke Indonesia. Menteri Kes

Lihat Selanjutnya

Menjelang Tahun Baru, Ini Yang Harus Kalian Siapkan

30 Desember 2021

Pandemi Covid 19 mewajibkan kamu untuk tetap di rumah selama liburan Natal dan tahun baru? Padahal t

Lihat Selanjutnya

Rekomendasi Kado Dan Kue Natal

14 Desember 2021

Natal merupakan hari raya umat Kristiani untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus. Umumnya, orang-

Lihat Selanjutnya

Mencegah Perubahan Iklim Bisa Di Mulai Dari Dapur Rumah Anda

27 November 2021

Bumi merupakan tempat hidup manusia dan matahari sebagai salah satu sumber energi kehidupan. Konseku

Lihat Selanjutnya