Catat! Ini 6 Hal yang Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Divaksin

30 Juni 2021

Pemerintah Indonesia tengah gencar melaksanakan program vaksinasi kepada seluruh masyarakat.  Vaksin sendiri dipercaya sebagai antibodi untuk membuat tubuh lebih siap dan mengenali saat tubuh terpapar langsung virus Corona. Sehingga, gejala yang ditimbulkan lebih ringan. Menjadi opsi untuk meminimalisir dampak virus Corona, lantas bagaimana cara kita mempersiapkan diri sebelum dan sesudah vaksinasi? 

Tips Persiapan Sebelum Vaksin

Semenjak program vaksinasi bergulir, ada banyak pro dan kontra terhadap kegiatan tersebut. Banyak orang mengaku merasakan efek samping pada tubuh setelah di vaksin. Reaksi tubuh yang berbeda ini membuat sebagian besar masyarakat ikut khawatir dengan pemberian vaksin tersebut. Nah #happypeople berikut ada sejumlah hal yang harus diperhatikan sebelum vaksin agar tubuh lebih siap.

  1. Siapkan Obat Penahan Sakit

Dilansir dari laman Kompas, langkah pertama sebelum vaksin adalah mempersiapkan obat penahan sakit. Umumnya, gejala yang sering dirasakan seseorang setelah divaksin adalah demam, nyeri pada lengan dan sakit kepala. Oleh karena itu, untuk langkah antisipasi Kamu bisa menyiapkan obat penahan sakit. 

Ada beberapa jenis obat yang bisa disiapkan seperti parasetamol dan ibuprofen. Obat ini bisa ditemukan di apotek terdekat. Kamu bisa mengkonsumsinya bila merasakan efek samping. Namun jika tidak, maka tidak perlu mengkonsumsi obat penahan sakit tersebut.

  1. Minum Multivitamin

Persiapan berikutnya sebelum divaksin adalah meminum multivitamin, sebagai ganti meminum obat sebelum disuntik.  Meminum multivitamin akan meningkatkan imun tubuh. Tujuannya agar imun bisa bereaksi dengan baik terhadap materi genetik dalam vaksin. Hal ini senada dengan anjuran dari para ahli agar meningkatkan imun setidaknya 7 hari sebelum dan 7 hari sesudah vaksin.

  1. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Tips sebelum vaksin lain adalah menyiapkan pakaian yang nyaman. Gunakanlah pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat karena Kamu akan disuntik di bagian lengan atas. Pastikan pakaian mudah dibuka pada bagian yang akan disuntik sehingga tidak membuang waktu atau merepotkan diri di tempat vaksinasi.

  1. Siapkan Makanan Bergizi di Rumah

Sebelum Kamu divaksin, sebaiknya mempersiapkan makanan bergizi untuk dikonsumsi. Kamu bisa memasak atau membeli makanan jadi. Makanan bergizi sangat penting untuk menjaga asupan tubuh dengan baik. Selain makanan, Kamu bisa persiapkan cemilan ringan seperti biskuit, buah-buahan, atau susu.

  1. Makanan dan Minum sebelum Vaksin

Pastikan Kamu makan dan minum air putih sebelum divaksin. Pasalnya, banyak orang merasa takut akan disuntik sehingga mereka merasa pusing bahkan pingsan. Selain itu, para ahli juga menyarankan untuk menghindari konsumsi minuman beralkohol atau melakukan olahraga berat sebelum divaksin.

  1. istirahat yang Cukup

Tidur seharian atau beristirahat yang cukup juga dianjurkan sebagai persiapan sebelum divaksin. Hal ini bertujuan agar tubuh lebih prima dan siap menerima vaksin Corona. Hindari tidur malam atau begadang untuk menjaga kondisi badan tetap fit. 

Nah, itulah tadi beberapa persiapan yang bisa Kamu lakukan sebelum vaksin. Selalu jaga kesehatan dengan konsumsi makanan sehat dan perhatikan penggunaan peralatan makanan. Gunakan produk peralatan terbaik seperti dari Naga Komodo. Naga Komodo menyediakan beragam produk kebutuhan peralatan rumah tangga seperti sendok, gunting daging, pisau, botol, sedotan, dan lain-lain yang semua terbuat dari bahan stainless berkualitas tinggi dan aman bagi lingkungan. Informasi selengkapnya tentang produk peralatan rumah tangga dari Naga Komodo dapat dilihat dengan mengunjungi laman https://nagakomodo.co.id/produk dan Instagram @Nagakomodo.id.

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya