Ini 3 Contoh Nyata Bahaya Penggunaan Plastik

09 Januari 2020

Penggunaan plastik ternyata memberi dampak berbahaya bukan hanya bagi lingkungan, tetapi juga terhadap kelestarian hewan. Pada November 2019, seekor rusa ditemukan mati dengan kondisi 7kg sampah plastik mengendap di perutnya. Di tempat yang berbeda juga dikabarkan seekor Dugong ditemukan mati dengan kondisi yang sama. Kondisi ini turut membuat kita perihatin terhadap dampak penggunaan plastik. Habitat hewan yang telah terkontaminasi dengan limbah plastik memaksa mereka secara sengaja atau tidak sengaja mengkonsumsi limbah tersebut.

Nah, #happypeople selain fakta yang menyebabkan kematian fauna, ada tigal hal yang perlu kita ketahui tentang bahaya penggunaan plastik, diantaranya:

1.Sulit Terurai Selama Ribuan Tahun

Dari sebuah penelitian dijelaskan bahwa material plastik dapat bertahan selama ratusan bahkan ribuan tahun. Meskipun sudah menjadi limbah, material plastik tetap dapat bertahan lama. Mikroorganisme di tanah akan sulit mengurai plastik karena memiliki rantai karbon.  Benda berbahan plastik seperti kantong plastik, botol air, dan sedotan merupakan sedikit contoh benda yang tergolong sulit terurai setelah tidak terpakai menjadi sampah.

2. Plastik Membawa Racun

Selain sulit diurai oleh mikroorganisme faktanya plastik memiliki kandungan bahan kimia berbahaya. Plastik memiliki kandungan bahan kimia yang mampu bertahan dari api dan bersifat kaku. Jika racun menolak air maka plastik menjadi tempat menempelnya racun-racun tersebut. Tersebarnya plastik di seluruh wilayah seperti di laut atau di darat akan membawa racun dan sangat membahayakan manusia dan makhluk hidup lainnya.

3. Sumber Panas Bumi

Dalam penelitian lain dijelaskan bahwa plastik terbuat dari material minyak bumi. Efek penggunaan material ini adalah menghasilkan emisi (pemancaran panas) yang berdampak bagi alam yakni meningkatnya suhu panas bumi. Dalam waktu tertentu, bumi akan menjadi semakin panas. Memanasnya kondisi bumi akan menyebabkan perubahan iklim.

Pencemaran lingkungan juga terjadi sebab bahan material plastik (seperti kantong plastik) yang terbuat dari sumber daya tak terbarukan. Alhasil, limbah dari pabrik plastik akan mencemari danau, sungai, dan laut.

 

Sumber:

https://www.idntimes.com/science/discovery/viktor-yudha/risiko-kesehatan-dan-alam-dari-penggunaan-plastik

 

https://dietkantongplastik.info/bahaya-kantong-plastik/

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya