Ini 4 Manfaat Centong untuk Kehidupan Sehari-hari

29 Maret 2021

Peralatan dapur memang ada banyak macam dan fungsinya. Namun, satu benda yang tidak bisa dilewatkan untuk menghiasi rak dapur yakni centong. Yup, centong mungkin jadi peralatan yang wajib dimiliki oleh para ibu rumah tangga. Centong termasuk peralatan multifungsi dan sangat berguna untuk sehari-hari.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), centong adalah cedok yang bertangkai seperti gayung atau sibur. Centong sering disamakan dengan irus karena keduanya punya fungsi yang tidak jauh berbeda. Bila dilihat dari bentuknya, centong juga bisa dikatakan mirip dengan sendok berukuran besar karena bentuk cekung pada bagian ujungnya. Nah #happypeople kalian perlu tahu kalau centong punya berbagai kegunaan, lho. Berikut ini ada beberapa manfaat centong untuk kehidupan sehari-hari.

  1. Untuk Mengambil Nasi

Kegunaan centong yang pertama adalah untuk mengambil nasi. Nah, mungkin sudah banyak yang tahu kalau fungsi centong memang sering digunakan orang-orang untuk mengambil nasi dari magic com ke tempat makan. Tanpa centong, mungkin kita akan kesulitan kalau ingin mengambil nasi ya, teman.

  1. Menghidangkan Kuah Sup

Coba bayangkan bila kamu mengambil kuah sup dengan sendok? Pasti lama dan ribet. Nah, selain untuk mengambil nasi, centong juga biasa dipakai untuk mengambil kuah sup. Dengan bagian cekungnya yang lebar dan dalam, memindahkan kuah sup pakai centong jauh lebih mudah. 

  1. Sop Buah

Centong memang jadi ‘senjata’ paling praktis untuk mengambil makanan berkuah salah satunya adalah sop buah. Kalau kita lihat penjual sop buah di pinggir jalan, pasti semua memakai centong untuk memindahkan kuah ke dalam mangkuk yang sudah ada irisan buah segar. Jadi, memang sangat diandalkan benda satu ini.

  1. Jus Buah

centong-2

Bisnis lain yang tak lepas dari alat centong adalah jus buah. Penjual jus buah atau es buah yang seringkali menjajakan minuman menggunakan box aquarium kecil ini pastinya membutuhkan centong. Dengan peralatan centong, mereka lebih mudah menuangkan es buahnya ke dalam plastik. 

Meskipun terlihat sederhana, tapi faktanya centong punya banyak manfaat besar, ya. Kalau kalian ingin membeli centong, pastikan mencari centong dari bahan material yang aman dan berkualitas. Salah satu produk centong berstandar SNI bisa kamu pilih di nagakomodo.co.id. Nagakomodo memberikan berbagai pilihan peralatan dapur dan perlengkapan rumah tangga dari bahan material stainless terbaik yang aman digunakan untuk keluarga di rumah.

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya