Ini 7 Manfaat Memasak Bagi Diri Sendiri di Rumah

13 Oktober 2020

Pandemi Covid-19 yang sedang melanda membuat kegiatan kita sehari-hari menjadi terbatas. Swa karantina membuat banyak orang mengisi kegiatannya di rumah dengan mencoba hobi baru, salah satunya adalah memasak. Ternyata, aktivitas memasak yang dilakukan sekadar sebagai hobi atau untuk mengisi perut memiliki banyak manfaat untuk diri sendiri, lho.

Nah #HappyPeople simak keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan dari memasak di rumah:

1. Lebih Hemat

Tentu kita semua bisa melihat sendiri biaya yang dikeluarkan untuk dine out jauh lebih mahal dibandingkan makan masakan rumah. Masak sendiri di rumah tentunya akan membuat kantong Anda lebih hemat. Selain itu, Kamu juga bisa membuat masakan dengan porsi yang banyak. 

 

2. Lebih Banyak Waktu Untuk Keluarga

Memasak di rumah dapat dijadikan untuk waktu keluarga saling berkumpul. Memasak bersama keluarga dapat mempererat hubungan keluarga. Setelah itu, kamu dapat duduk bersama dengan keluarga kamu sambil menikmati hidangan di meja makan. Kehidupan yang serba sibuk membuat banyak orang menjadi orang yang individualis. Tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu khusus untuk keluarga.

 

3. Bahan Masakan Lebih Sehat

Kamu bisa selektif dalam memilih bahan dan bumbu yang digunakan untuk memasak. Masakan di rumah juga tidak menggunakan pengawet sehingga tentunya lebih sehat. Saat proses memasak, pastikan mengolahnya dengan baik dan matang agar terhindar dari penyakit. Kebersihan alat makan, dapur, hingga area persiapan makanan juga kamu yang tangani sendiri. Begitu pula saat penyajian makanan hingga penyimpanan makanan jika bersisa. Kamu dapat memastikan langsung makanan yang disajikan sehat dan bersih.

 

Selain bahan, jangan lupa perhatikan alat memasak yang digunakan. Kamu bisa gunakan peralatan masak seperti panci, penggorengan, dan lain-lain yang terbuat dari stainless. Bahan stainless lebih mudah dibersihkan dari noda kotoran yang menempel. Selain itu, bahan stainless juga aman dan lebih tahan lama. Peralatan stainless terbaik seperti Panci Royal Set atau Kuali Kamilia bisa kamu dapatkan di Naga Komodo.

 

4. Mudah mengatur asupan gizi

Dengan memasak sendiri di rumah, kita dapat mengatur gizi apa dan berapa jumlah kalori yang akan kita konsumsi per hari. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang sering dine out mengonsumsi rata-rata 200 kalori lebih banyak sehari daripada mereka yang menyiapkan makanan di rumah. Kalau kamu berniat mengurangi berat badan, memasak di rumah adalah salah satu cara untuk mengurangi asupan kalori. Karena kamu sendiri yang memasaknya, bahan yang digunakan juga bisa dikendalikan. Selain itu, kamu juga bisa mengontrol asupan camilan hingga minuman yang tinggi kalori. Penerapan pola makan sehat dengan gizi seimbang menjadi lebih mudah untuk keluarga.

 

5. Menjaga Kesehatan Mental

Menurut para ahli psikologi, memasak merupakan salah satu kegiatan yang ampuh untuk menghilangkan stres dan menjaga mood. Melihat masakan yang kamu berhasil masak sendiri memberikan rasa bangga terhadap diri sendiri. Apalagi kalau hasil masakan kita disukai oleh anggota keluarga yang lain. Memasak juga melatih fokus dan kreativitas seseorang. Diperlukan konsentrasi dan feeling yang tepat saat memasak. Kecermatan dalam mengkombinasikan masakan pun diperlukan.

 

6. Masakan Sesuai Selera

Setiap orang tentu memiliki cita rasa tertentu yang sangat mereka sukai. Namun terkadang, makanan yang dibeli di luar tidak bisa memuaskan hasrat atau rasa yang mereka idam-idamkan. Memasak di rumah bisa menjadi salah satu alternatif terbaik untuk mengakali hal tersebut. Kamu bisa dengan bebas menyesuaikan bumbu atau bahan makanan sesuai dengan selera.

 

7. Melatih Skill

Memasak adalah skill bertahan hidup penting yang dibutuhkan semua orang, bukan cuma seorang ibu. Jika kamu terus berlatih secara rutin, hasil masakan tentu akan menjadi semakin enak. Keuntungan lainnya, kamu bisa memanfaatkan kemampuan memasak tersebut untuk membuka usaha makanan.

 

Nah itulah beberapa manfaat memasak sendiri di rumah. Kalian yang sedang WFH bisa mencoba, ya.

 

Artikel Terkait Lainnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya

Jangan Panik! Inilah Cara Terbaik Mengatasi Luka Bakar saat Memasak

27 Pebruari 2024

Menangani luka bakar saat memasak merupakan keterampilan penting yang dapat membantu mencegah kerusa

Lihat Selanjutnya

4 Macam Jenis Pisau Dapur yang Wajib Kalian Punya

13 Pebruari 2024

Pisau dapur adalah salah satu peralatan penting di setiap dapur. Dengan memiliki berbagai jenis pisa

Lihat Selanjutnya