Ini Kelebihan Peralatan Masak Stainless dibanding Keramik

22 Juni 2021

Peralatan dapur merupakan barang yang paling sering digunakan oleh para ibu rumah tangga. Tentunya, pemilihan bahan peralatannya pun menjadi hal yang perlu diperhatikan. Seperti mempertimbangkan mana yang lebih baik antara bahan stainless atau keramik sebagai alat masak di rumah. Kedua bahan tersebut memang tengah populer namun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan Peralatan Stainless Steel dengan Keramik

Seperti kita tahu, di balik makanan lezat yang disajikan, ada bermacam peralatan yang mendukung aktivitas masak di dapur. Belakangan, penggunaan bahan peralatan masak menjadi perhatian karena menentukan higienis atau kebersihan makanan. Di samping itu, peralatan masak bagus juga mempengaruhi aspek kesehatan masakan yang dibuat. Nah, #happypeople bagaimana sih perbedaan keduanya? Simak penjelasan berikut ini.

Sama-Sama Cepat Panas dan Matang Merata

Dilansir dari laman Investor.id, ada beberapa kelebihan yang dimiliki alat masak stainless dan keramik. Bahan stainless steel selain aman untuk kesehatan dan cepat panas, juga tidak mudah tergores dan lebih awet. Sedangkan, alat masak keramik umumnya terbuat dari tanah liat yang melalui proses pembakaran. Tak seluruh alat masak terbuat dari keramik, namun hanya pelapis dalamnya saja yang terbuat dari keramik.

Alat masak keramik memiliki kelebihan yang sama dengan stainless seperti cepat panas dan mudah dibersihkan. Keduanya, memiliki penghantar panas yang baik sehingga membuat masakan matang merata. Untuk model yang dijajakan, keduanya memiliki pilihan warna dan bentuk yang beragam.

Harga Peralatan Stainless lebih Terjangkau

Soal harga, peralatan stainless jauh lebih murah dibandingkan alat masak keramik. Harga alat masak stainless dijual mulai dari puluhan ribu sampai dengan ratusan ribu. Sedangkan, yang membedakan harga adalah diameternya dan lapisan yang digunakan. Pasalnya, semakin tebal lapisan anti lengket pada teflon harganya akan semakin mahal karena susah mengelupas. Untuk alat masak dari keramik sendiri umumnya dijual dengan harga yang cukup mahal meskipun sama-sama anti lengket. 

Itulah tadi perbandingan peralatan makan stainless dengan keramik. Dari penjelasannya di atas, kamu sudah tahu kan mana yang lebih bersih dan sehat. Pastikan, membeli peralatan dapur dengan kualitas bahan terbaik. Kamu bisa pilih beragam peralatan dapur untuk memasak atau cooking set di nagakomodo.co.id yang telah ber-SNI dan terjamin mutunya. Semua peralatan masak terbuat dari bahan stainless yang awet dan tahan lama.

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya