Ini Ragam Peralatan Masak Terbaik untuk Membuat Makanan Khas Lebaran

28 Mei 2020

Peralatan masak menjadi hal penting yang mesti dipersiapkan menjelang lebaran. Mengapa peralatan masak sangat dibutuhkan? Bagi kebanyakan umat muslim di Indonesia, sajian makanan adalah bagian tak terpisahkan saat momen lebaran di Hari Raya Idul Fitri. Sejak jauh-jauh hari, tentunya para ibu rumah tangga sudah sibuk mempersiapkan berbagai bahan makanan, kue, serta peralatan masak untuk menghidangkan makanan di hari Lebaran. 

 

Nah, #happypeople tidak perlu lagi pusing mempersiapkan peralatan masak. Sekarang sudah hadir peralatan dapur modern yang bisa membantu Kamu memasak yang lebih mudah saat Lebaran. 

 

Berikut ada 5 rekomendasi peralatan masak untuk kebutuhan hidangan makanan saat Lebaran.

 

  1. Panci

Ini-Ragam-Peralatan-Masak-Terbaik-untuk-Membuat-Makanan-Khas-Lebaran-1

Kita mulai dari Panci. Alat Panci mesti ada di dapur Kamu. Panci sangat berguna untuk merebus atau menghangatkan makanan. Jika Kamu membuat hidangan berkuah, sayur atau ingin memasak air tentu keberadaan Panci akan sangat dibutuhkan.

 

Sekarang ini, sudah banyak jenis Panci dengan teknologi memasak modern. Beberapa ada model Panci yang bagian gagangnya dapat dilepas sehingga memudahkan pengguna untuk mengangkat. Selain itu perhatikan juga material Panci. Usahakan mencari Panci yang terbuat dari bahan material stainless steel yang aman dan nyaman.

 

  1. Wajan/Penggorengan

Ini-Ragam-Peralatan-Masak-Terbaik-untuk-Membuat-Makanan-Khas-Lebaran-2

Siapa yang tidak butuh wajan untuk memasak? Hampir semua ibu rumah tangga tentu sangat akrab dengan peralatan tersebut. Wajan berguna untuk menggoreng berbagai bahan makanan dan racikan seperti ikan goreng, ayam goreng, tempe, tahu, atau membuat sambel. Sudah menjadi keharusan peralatan wajan selalu ada di dapur. Oleh karena itu, jangan lupa mempersiapkan wajan berukuran sedang yang pas untuk membuat makanan saat lebaran.  Disarankan menggunakan Wajan yang terbuat dari bahan stainless steel supaya mudah dicuci dan aman digunakan.

 

  1. Dandang

Ini-Ragam-Peralatan-Masak-Terbaik-untuk-Membuat-Makanan-Khas-Lebaran-3

Dandang adalah peralatan dapur untuk membantu menanak nasi. Dandang biasanya terbuat dari bahan alumunium. Peralatan ini memiliki fungsi yang sama seperti Rice Cooker. Istilah dandang lebih tradisional dan populer di tengah masyarakat. Keberadaan dandang masih sangat dibutuhkan oleh banyak rumah tangga untuk kebutuhan dapur. Nah, kamu bisa menggunakan dandang untuk menanak nasi dalam jumlah besar atau membuat makanan kukus saat lebaran.

Dandang Apa makanan yang sangat lekat dengan citra Idul Fitri? Ketupat tentunya. Nah, dandang merupakan sejenis panci yang digunakan untuk mengukus. Pilihlah dandang berbahan stainless steel yang lebih aman digunakan dalam waktu lama.

 

  1. Oven

Ini-Ragam-Peralatan-Masak-Terbaik-untuk-Membuat-Makanan-Khas-Lebaran-4

Oven merupakan salah satu alat membuat kue. Oven berfungsi memanaskan kue dengan menggunakan pengaturan suhu hingga kue menjadi matang. Dengan oven tentu kamu akan lebih menghemat waktu saat membuat kue. Kue-kue lebaran yang biasa dibuat dengan memakai oven diantaranya nastar, kastengel, kue salju, dan sebagainya.

 

  1. Mixer

Ini-Ragam-Peralatan-Masak-Terbaik-untuk-Membuat-Makanan-Khas-Lebaran-5

Saat proses pembuatan kue biasanya Kamu akan membutuhkan alat Mixer. Mixer berfungsi untuk mengaduk berbagai campuran adonan kue. Hal ini supaya semua bahan tercampur merata dan pas. Nah, buat yang ingin membuat kue pada lebaran kali ini, jangan lupa mempersiapkan mixer berkualitas. Ada dua jenis mixer yang bisa dipilih yaitu hand mixer dan standing mixer. Keduanya sama-sama baik dan fungsinya tidak jauh berbeda, lho.

 

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya