Jangan Panik! Ini 6 Cara Menghadapi Gempa Bumi yang Benar

20 Januari 2021

Musibah gempa bumi kembali menimpa wilayah di tanah air. Gempa terjadi dua kali sejak Kamis (14/1) hingga Jumat (15/1) dengan magnitudo 5,9 dan 6,2 yang mengakibatkan kerusakan parah di wilayah Mamuju, Majene, dan kawasan lain sekitar di Sulawesi Barat. Hal tersebut tentunya membuat kita mesti berhati-hati dan tahu cara menghadapi gempa bumi yang memang tidak bisa diprediksi.

 

Bukan hanya kali ini saja, hampir di sejumlah wilayah Indonesia pernah mengalami bencana gempa bumi dengan kekuatan berbeda-beda. Indonesia sendiri diketahui menjadi negara yang rawan mengalami bencana gempa karena letaknya berada di atas Cincin Api Pasifik.

 

Nah #happypeople berikut ada tips menghadapi gempa bumi yang menyelamatkan atau meminimalisir dari bahaya yang tidak diinginkan. 

 

  1. Berlindung di Bawah Meja

Berlindung di bawah meja bisa menjadi tips pertama untuk menghadapi situasi gempa bumi. Jika terjadi gempa saat berada di dalam ruangan, rumah, atau kantor, maka berlindunglah di bawah meja. Cara ini supaya anda tidak terkena benda-benda yang berjatuhan.

 

  1. Lindungi Kepala

Cara selanjutnya adalah melindungi kepala. Saat terjadi gempa, usahakan lindungi bagian kepala kamu dengan tangan, helm, atau benda apapun yang cukup kuat semisal panci stainless dengan posisi telungkup. Hal ini memungkinkan kamu bisa selamat dari gempa.

 

  1. Jangan Naik Lift

Menaiki lift sangat tidak disarankan saat terjadi gempa. Bila anda berada di kantor atau mal, jangan pernah gunakan lift. Kamu bisa gunakan akses tangga untuk keluar dari dalam gedung dan mencari tempat perlindungan yang lebih aman.

 

  1. Jauhi Bangunan Tinggi

Menghindari gedung dan tiang bisa jadi cara saat menghadapi situasi gempa bumi. Segera jauhi gedung dan tiang jika kamu berada di tempat terbuka. Jika kamu sudah berada di luar, sebaiknya mencari lapangan atau area yang jauh dari bangunan tinggi.

 

  1. Jauhi Laut dan Lari Ke Tempat Tinggi

Hal yang selalu ditakutkan dari bencana gempa berkekuatan besar adalah terjadinya gelombang laut tinggi atau Tsunami. Gelombang tsunami bisa terjadi akibat gempa dari bawah laut. Maka dari itu, bila terjadi gempa sebaiknya kamu mencari dataran tinggi untuk posisi yang lebih aman.

 

  1. Berhenti Saat Berkendara

Cara menghadapi gempa bumi saat berkendara adalah berhenti. Bila gempa bumi terjadi saat kamu dalam perjalanan maka sebaiknya hentikan kendaraan anda. Namun, usahakan tidak berhenti secara mendadak karena justru dapat mengakibatkan kecelakaan. Bila anda merasakan guncangan gempa, berhentilah di bahu jalan secara perlahan dan keluar dari mobil mencari tempat terbuka.


Nah #happypeople itu tadi ada beberapa tips menghadapi gempa bumi. Tentunya, memang bukan menjadi patokan dasar untuk memastikan keselamatan Anda. Meski begitu, saat terjadi gempa Anda tidak boleh panik dan tetap lindungi diri dan keluarga kalian. Siapkan peralatan yang kuat di rumah untuk melindungi bagian tubuh dari runtuhan benda keras. Gunakan produk peralatan dapur berbahan stainless dari Nagakomodo.co.id yang telah berstandar SNI dan tentunya aman digunakan dan tahan lama.

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya