Jangan Panik! Ini Cara Membersihkan Perabot Setelah Kebanjiran

26 Pebruari 2021

Banjir memang selalu meninggalkan banyak masalah buat semua orang. Terlebih, bila banjir sampai merendam peralatan dan perabotan di dalam rumah, akan jadi masalah serius yang harus dihadapi. Cara membersihkan peralatan dan perabotan rumah sehabis banjir tentulah membutuhkan waktu yang tidak singkat. Kamu harus lebih bersabar saat membersihkan supaya peralatan benar-benar bersih dan dapat digunakan kembali.

Umumnya, dampak rumah yang kebanjiran membuat berbagai perabot rumah tangga menjadi kotor. Tidak hanya itu, barang-barang elektronik pun bahkan bisa tidak berfungsi. Alhasil, akibat banjir kamu bisa mendapatkan kerugian besar. Nah, #happypeople tidak perlu panik menghadapi kondisi setelah banjir. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan rumah sisa air dan lumpur. Selanjutnya, kamu bisa membersihkan seluruh perabotan di rumah. Setidaknya, ada beberapa cara membersihkan peralatan dan perabot yang terendam banjir seperti berikut ini:

  1. Membersihkan Perabotan di Ruang Tamu

Ruang tamu biasanya menjadi ruang pertama yang terendam banjir cukup parah. Di sini, benda-benda yang biasa terendam seperti kursi, sofa, meja, guci dan lain-lain mesti dibersihkan. Lakukan pembersihan dengan mengelapnya menggunakan air panas dan sabun pembersih pada seluruh bagian. Bila ingin lebih memastikan kebersihannya, kamu bisa lakukan disinfektan untuk membunuh kuman yang menempel akibat banjir. 

  1. Membersihkan Kamar Tidur

Peralatan berikutnya yang harus dibersihkan setelah banjir adalah di kamar tidur. Bila air sampai masuk ke kamar tidur, maka wajib bagi kamu membersihkan kamar dan seluruh peralatan yang terendam. Ada barang yang mesti dipastikan kebersihannya adalah kasur dan bantal. 

Kasur bisa kamu bersihkan pada bagian permukaannya. Gunakan sabun pembersih dan air panas untuk membersihkan seluruh permukaan kasur. Setelah dicuci, lalu jemur di terik matahari. Jemur kasur sekitar dua hari supaya benar-benar kering. Namun begitu, bila kondisi kasur cukup parah karena terendam banjir berjam-jam, maka sebaiknya tidak perlu digunakan kembali. Hal ini untuk menghindari jamur dan kuman yang telah menempel di kasur, sehingga bisa membahayakan kesehatan keluarga.

Selain kasur, bantal juga harus dicuci bersih. Sama seperti kasur, bantal mesti dicuci dengan sabun pembersih dan air panas pada seluruh permukaannya. Keringkan di atas sinar matahari atau peras sampai seluruh airnya keluar. Bila kondisi bantal juga rusak parah, sebaiknya tidak perlu lagi digunakan karena bisa membahayakan kesehatan saat digunakan. Selain kasur dan bantal, barang-barang lain di kamar juga mesti dibersihkan seperti karpet, selimut, lemari, pakaian, dan lain-lain.

  1. Membersihkan Peralatan Dapur

Membersihkan peralatan dapur yang terkena banjir adalah hal wajib dilakukan. Fungsi peralatan dapur yang penting untuk menyiapkan makanan, mesti terjaga kebersihannya. Kamu bisa membersihkan peralatan dapur seperti gelas, piring, sendok, garpu, penggorengan, panci, dan lain-lain. Rendam semua peralatan tersebut dengan air panas supaya kuman yang menempel mati. Lalu, cuci kembali memakai sabun cuci dan keringkan dengan lap bersih. Selain itu, lantai dan sudut-sudut dapur juga mesti dibersihkan. Tidak ketinggalan, barang-barang seperti lemari, kompor gas, magic jar, dan perabotan lain dibersihkan sampai kamu yakin bisa digunakan kembali.

Jadi, nggak perlu panik setelah banjir. Terpenting adalah memastikan semua peralatan bersih dan layak dipakai kembali. Untuk menjaga kesehatan keluarga, selalu gunakan produk peralatan dapur berkualitas yang awet dan tahan lama. Gunakan produk stainless steel dari Nagakomod.id yang telah ber-SNI dan terjamin mutunya.

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya