Makanan Yang Cocok Saat Musim Hujan Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

20 November 2021

Di musim hujan, kondisi udara yang dingin memang menjadi salah satu faktor pemicu ketidakseimbangan daya tahan tubuh. Meskipun sepele, namun ini merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Terutama, ketika Anda mempunyai banyak kegiatan di luar rumah, maka kesehatan tubuh menjadi prioritas utama yang harus didahulukan.

 

Beberapa makanan untuk jaga daya tahan tubuh ini memang mempunyai berbagai kandungan bermanfaat bagi tubuh. Seperti kandungan anti virus, anti bakteri, antioksidan, hingga berbagai kandungan mineral dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda sering mengalami flu dan masuk angin selama musim hujan, beberapa makanan untuk jaga daya tahan tubuh berikut bisa Anda konsumsi.

Bawang Merah dan Bawang Putih

Makanan untuk jaga daya tahan tubuh selama musim hujan yang pertama yaitu bawang merah dan bawang putih. Kedua jenis bawang ini diketahui mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang dapat menangkal berbagai serangan virus dan bakteri.

 

Teh Hijau

Makanan untuk jaga daya tahan tubuh selama musim hujan berikutnya yaitu teh hijau. Dalam hal ini, teh hijau mempunyai kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) cukup tinggi.

Ini merupakan senyawa antioksidan yang sangat berguna untuk meningkatkan fungsi imunitas tubuh secara efektif. Selain itu, teh hijau juga mempunyai kandungan asam amino L-theanine yang membantu meningkatkan produksi senyawa anti kuman dalam tubuh manusia.

Yoghurt

 

Makanan untuk jaga daya tahan tubuh selama musim hujan juga bisa berasal dari yoghurt. Makanan hasil fermentasi susu ini memang terbukti mempunyai sumber probiotik baik yang dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit.

 

Jahe

Jahe juga termasuk salah satu makanan untuk jaga daya tahan tubuh selama musim hujan yang bisa Anda konsumsi. Tanaman rimpang ini memang sudah dikenal mempunyai sifat anti inflamasi yang baik untuk tubuh.

Pepaya

Makanan untuk jaga daya tahan tubuh selama musim hujan yang tidak kalah menarik adalah pepaya. Buah dengan warna oranye menyala ini memang mempunyai kandungan vitamin C tinggi. Diketahui, satu buah pepaya bisa mengandung 224 persen vitamin C yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Selain itu, pepaya juga mempunyai enzim pencernaan papain untuk melawan berbagai infeksi peradangan.

 

Ubi Ungu

Ubi ungu juga menambah daftar panjang makanan untuk jaga daya tahan tubuh secara efektif. Berbagai buah dan sayur yang memiliki warna cerah memang diketahui mempunyai kandungan antioksidan tinggi, termasuk ubi ungu.

 

Alat masak dan Peralatan makan juga sangat berperan penting, musim hujan seperti ini cocok makan dan minum-minuman hangat, nah untuk menjaga suhu makanan agar tetap hangatnya terjaga lama, gunakan yang berbahan stainless steel dari Naga Komodo 











 

sumber : https://www.merdeka.com/jateng/7-makanan-untuk-jaga-daya-tahan-tubuh-selama-musim-hujan-perlu-diketahui-kln.html

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya