Merusak Lingkungan, Ini Solusi Pengganti Sedotan Plastik Untuk Usaha Tempat Makan

23 Januari 2020

Kesadaran masyarakat tentang bahaya penggunaan plastik semakin meningkat. Kampanye anti penggunaan plastik mulai didukung oleh masyarakat. Kampanye ini perlahan dilakukan dengan menyediakan bungkus atau wadah barang dari bahan yang lebih berkonsep eco-friendly (ramah lingkungan). Atas kesadaran ini, gerakan anti plastik juga dilakukan oleh para pengusaha tempat makan.

 

Nah, #happypeople apakah kamu tahu beberapa restoran, kafe, dan tempat makan lain sedang mengembangkan trend menyediakan peralatan makan dan minum dari bahan stainless steel? Ternyata sekarang ini banyak restoran yang membuat terobosan dengan menggunakan peralatan non plastik untuk konsumen. Restoran tersebut bahkan sudah menerapkannya sejak beberapa tahun lalu.

 

Melihat kerusakan lingkungan yang telah terjadi, maka solusinya adalah mengganti peralatan yang ramah lingkungan. Salah satu yang sudah dilakukan adalah mengurangi penggunaan sedotan plastik. Sedotan plastik biasa disediakan untuk pengunjung tempat makan. Namun, perlu diketahui bahwa sedotan plastik menjadi sampah plastik yang cukup banyak ditemukan di alam. Sampah tersebut bukan saja merusak alam tetapi juga ekosistem kehidupan di sekitarnya. Sampah plastik juga sulit terurai dalam jangka waktu yang lama.

 

Selain sulit diurai oleh mikroorganisme faktanya plastik memiliki kandungan bahan kimia berbahaya. Plastik memiliki kandungan bahan kimia yang mampu bertahan dari api dan bersifat kaku. Jika racun menolak air maka plastik menjadi tempat menempelnya racun-racun tersebut. Tersebarnya plastik di seluruh wilayah seperti di laut atau di darat akan membawa racun dan sangat membahayakan manusia dan makhluk hidup lainnya.

 

Sedotan plastik yang tidak lagi dipakai karena berbahaya, sekarang diganti dengan sedotan dari bahan stainless steel. Bahan stainless steel selain aman untuk lingkungan, juga bisa digunakan berkali-kali. Bahan stainless dinilai dapat mengurangi risiko pencemaran lingkungan. Selain sedotan, peralatan stainless lain juga digunakan sebagai pengganti peralatan plastik seperti botol stainless dan peralatan makan lainnya. Oleh karena itu, mulai sekarang gunakan peralatan stainless yang aman dan ramah lingkungan untuk usaha tempat makan kamu, ya.

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya