Pilih Peralatan Makan Stainless atau Plastik? Ini Penjelasannya

24 Mei 2021

Bagi sebagian orang, peralatan makan adalah benda paling penting yang wajib terjaga kebersihannya. Bahan material yang digunakan pun tidak boleh sembarangan. Dari banyak bahan yang beredar, ada dua yang sering digunakan yakni bahan stainless steel dan plastik. Diantara keduanya mana lebih baik?

Dikutip dari laman Kompas, peralatan makan seperti wadah, piring, atau gelas yang serbaguna, dibuat dari bahan stainless steel, plastik, maupun kaca. Sebagai benda yang akan dipakai sehari-hari, peralatan tersebut penting dicuci dengan benar untuk menjamin daya tahannya. Nah, #happypeople berikut ini sebuah penjelasan mana yang lebih baik antara peralatan makan berbahan stainles atau plastik.

Bahan Stainless Steel vs Plastik

  • Peralatan Makan Plastik

Untuk daya tahan, peralatan makan plastik menjadi barang yang mudah menyerap bau dan noda makanan. Wadah plastik juga gampang terlihat lusuh atau usang. Di samping itu, penting pula mengecek berapa lama wadah plastik telah digunakan, sebab dapat menimbulkan risiko ‘kebocoran’ bahan kimia yang keluar dari plastik saat memanas. Wadah plastik juga tidak lagi layak dipakai dalam kondisi tertentu. Kamu wajib membuang wadah tersebut jika telah retak, berubah bentuk, atau berubah warna.

  • Peralatan Makan Stainless Steel

33.mug-13-cm_01

Meningkatkan kepedulian masyarakat tentang bahaya plastik turut mengubah perilaku penggunaan peralatan makan di rumah. Salah satunya dengan  menggunakan peralatan dari bahan stainless steel. Tren penggunaan bahan stainless makin populer khususnya untuk alat makan dan alat dapur karena lebih ramah lingkungan. 

Peralatan dari bahan stainless dipercaya lebih tahan bau dari sisa makanan. Selain itu, sisa makanan dan baunya juga tidak dapat menembus logam. Alat makan stainless pun mudah dibersihkan dari noda yang tertinggal. 

Peralatan makan stainless umumnya sudah teruji ketahanannya, ramah lingkungan, serta aman untuk dibersihkan dengan mesin cuci piring. Meskipun bisa saja terjadi goresan atau lecet, namun tidak akan mempengaruhi kegunaan peralatan tersebut. Oleh karena itu, produk peralatan makan dan peralatan dapur dari bahan stainless memiliki kualitas yang lebih baik dari bahan plastik serta dapat digunakan selama bertahun-tahun.

Itulah tadi perbandingan peralatan makan stainless dengan plastik. Dari penjelasannya di atas, kamu sudah tahu kan mana yang lebih bersih dan sehat. Pastikan, membeli peralatan dapur dengan kualitas bahan terbaik. Kamu bisa pilih beragam peralatan dapur untuk memasak atau cooking set di nagakomodo.co.id yang telah ber-SNI dan terjamin mutunya. Semua peralatan masak terbuat dari bahan stainless yang awet dan tahan lama.

Artikel Terkait Lainnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya

Jangan Panik! Inilah Cara Terbaik Mengatasi Luka Bakar saat Memasak

27 Pebruari 2024

Menangani luka bakar saat memasak merupakan keterampilan penting yang dapat membantu mencegah kerusa

Lihat Selanjutnya

4 Macam Jenis Pisau Dapur yang Wajib Kalian Punya

13 Pebruari 2024

Pisau dapur adalah salah satu peralatan penting di setiap dapur. Dengan memiliki berbagai jenis pisa

Lihat Selanjutnya