Pilih Peralatan Makan Stainless atau Plastik? Ini Penjelasannya

24 Mei 2021

Bagi sebagian orang, peralatan makan adalah benda paling penting yang wajib terjaga kebersihannya. Bahan material yang digunakan pun tidak boleh sembarangan. Dari banyak bahan yang beredar, ada dua yang sering digunakan yakni bahan stainless steel dan plastik. Diantara keduanya mana lebih baik?

Dikutip dari laman Kompas, peralatan makan seperti wadah, piring, atau gelas yang serbaguna, dibuat dari bahan stainless steel, plastik, maupun kaca. Sebagai benda yang akan dipakai sehari-hari, peralatan tersebut penting dicuci dengan benar untuk menjamin daya tahannya. Nah, #happypeople berikut ini sebuah penjelasan mana yang lebih baik antara peralatan makan berbahan stainles atau plastik.

Bahan Stainless Steel vs Plastik

  • Peralatan Makan Plastik

Untuk daya tahan, peralatan makan plastik menjadi barang yang mudah menyerap bau dan noda makanan. Wadah plastik juga gampang terlihat lusuh atau usang. Di samping itu, penting pula mengecek berapa lama wadah plastik telah digunakan, sebab dapat menimbulkan risiko ‘kebocoran’ bahan kimia yang keluar dari plastik saat memanas. Wadah plastik juga tidak lagi layak dipakai dalam kondisi tertentu. Kamu wajib membuang wadah tersebut jika telah retak, berubah bentuk, atau berubah warna.

  • Peralatan Makan Stainless Steel

33.mug-13-cm_01

Meningkatkan kepedulian masyarakat tentang bahaya plastik turut mengubah perilaku penggunaan peralatan makan di rumah. Salah satunya dengan  menggunakan peralatan dari bahan stainless steel. Tren penggunaan bahan stainless makin populer khususnya untuk alat makan dan alat dapur karena lebih ramah lingkungan. 

Peralatan dari bahan stainless dipercaya lebih tahan bau dari sisa makanan. Selain itu, sisa makanan dan baunya juga tidak dapat menembus logam. Alat makan stainless pun mudah dibersihkan dari noda yang tertinggal. 

Peralatan makan stainless umumnya sudah teruji ketahanannya, ramah lingkungan, serta aman untuk dibersihkan dengan mesin cuci piring. Meskipun bisa saja terjadi goresan atau lecet, namun tidak akan mempengaruhi kegunaan peralatan tersebut. Oleh karena itu, produk peralatan makan dan peralatan dapur dari bahan stainless memiliki kualitas yang lebih baik dari bahan plastik serta dapat digunakan selama bertahun-tahun.

Itulah tadi perbandingan peralatan makan stainless dengan plastik. Dari penjelasannya di atas, kamu sudah tahu kan mana yang lebih bersih dan sehat. Pastikan, membeli peralatan dapur dengan kualitas bahan terbaik. Kamu bisa pilih beragam peralatan dapur untuk memasak atau cooking set di nagakomodo.co.id yang telah ber-SNI dan terjamin mutunya. Semua peralatan masak terbuat dari bahan stainless yang awet dan tahan lama.

Artikel Terkait Lainnya

Tips Memasak Agar Jago Di Dapur

27 Januari 2022

  Siapa yang tak suka memasak? memasak menjadi salah satu keasyikan tersendiri bagi para i

Lihat Selanjutnya

Awas !! Varian Omicron Virus Corona Sudah Menyebar Di Indonesia Begini Cara Pencegahannya.

10 Januari 2022

Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) mengumumkan varian Omicron telah masuk ke Indonesia. Menteri Kes

Lihat Selanjutnya

Menjelang Tahun Baru, Ini Yang Harus Kalian Siapkan

30 Desember 2021

Pandemi Covid 19 mewajibkan kamu untuk tetap di rumah selama liburan Natal dan tahun baru? Padahal t

Lihat Selanjutnya

Rekomendasi Kado Dan Kue Natal

14 Desember 2021

Natal merupakan hari raya umat Kristiani untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus. Umumnya, orang-

Lihat Selanjutnya

Mencegah Perubahan Iklim Bisa Di Mulai Dari Dapur Rumah Anda

27 November 2021

Bumi merupakan tempat hidup manusia dan matahari sebagai salah satu sumber energi kehidupan. Konseku

Lihat Selanjutnya