Selain Praktis, Ini 5 Kelebihan Sedotan Bahan Stainless ketimbang Plastik

24 Mei 2021

Sedotan merupakan alat yang biasa digunakan untuk mengambil air dari sebuah gelas. Fungsi sedotan sendiri tidak bisa dianggap remeh. Sedotan memang diciptakan untuk mengurangi kontak langsung mulut dengan bagian permukaan gelas supaya terhindar dari risiko penularan penyakit. Ragam sedotan pun banyak beredar. Salah satunya yang direkomendasikan adalah sedotan dari bahan stainless steel.

Di saat bahan plastik mulai ditinggalkan karena merusak lingkungan, penggunaan sedotan stainless makin meningkat. Sedotan stainless banyak dipakai terutama di tempat-tempat kuliner seperti kafe ataupun rumah makan. Selain praktis, sedotan stainless ini memiliki banyak kelebihan. Nah #happypeople berikut ini beberapa kelebihan sedotan dari bahan stainless steel yang perlu kamu tahu.

  1. Lebih Sehat

Kelebihan sendok stainless pertama adalah menyehatkan. Pasalnya, pada sendok berbahan plastik memiliki kandungan bahan kimia Bisphenol A (BPA). Bahan ini dapat mengganggu sistem reproduksi, penyakit jantung, hingga risiko diabetes. Oleh karenanya, sedotan stainless cukup aman bagi kesehatan manusia.

  1. Ramah Lingkungan

Sendok stainless sangat ramah bagi lingkungan. Sementara bahan plastik, proses pembuatannya menggunakan bahan kimia yang dapat mencemari udara. Selain itu, limbah bahan plastik juga mudah mencemari air maupun tanah. Limbah bahan plastik juga diketahui sulit terurai. Oleh karenanya, pemakaian sendok stainless bisa mengurangi dampak dari kerusakan lingkungan akibat limbah plastik.

  1. Hemat Biaya

Penggunaan sendok stainless nyatanya lebih murah ketimbang sendok plastik. Sendok stainless bisa digunakan berkali-kali. Berbeda dengan sendok plastik yang tentunya hanya bisa sekali pakai. Dan akhirnya, sendok stainless lebih ekonomis sehingga mengurangi beban pengeluaran.

  1. Mudah dibersihkan

Kelebihan lainnya dari sendok stainless adalah mudah dibersihkan. Karena bisa dipakai berkali-kali, tentunya kamu perlu membersihkannya dengan benar. Kamu bisa gunakan sikat dan cairan pembersih untuk membersihkan sendok stainless. Lakukan dengan teliti dan bersihkan hingga bagian dalam sedotan.

  1. Mudah dibawa

Sedotan stainless sangat praktis dan mudah dibawa kemana saja. Di saat pandemi ini tentunya menjaga kebersihan dengan membawa peralatan makan dan minum sendiri sangat penting. Dengan bahan yang kokoh, tidak mudah pecah dan patah, Kamu bisa membawa sedotan stainless untuk perlengkapan minum di mana saja.

Artikel Terkait Lainnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya

Jangan Panik! Inilah Cara Terbaik Mengatasi Luka Bakar saat Memasak

27 Pebruari 2024

Menangani luka bakar saat memasak merupakan keterampilan penting yang dapat membantu mencegah kerusa

Lihat Selanjutnya

4 Macam Jenis Pisau Dapur yang Wajib Kalian Punya

13 Pebruari 2024

Pisau dapur adalah salah satu peralatan penting di setiap dapur. Dengan memiliki berbagai jenis pisa

Lihat Selanjutnya