Selain untuk Makan, Ini Ragam Sendok dan Garpu Serta Fungsinya

14 Desember 2020

Kamu tentu sudah familiar dengan sendok dan garpu. Keduanya digunakan sehari-hari saat makan, sendok untuk mengambil makanan, dan garpu untuk menancapkan dan menahan makanan. Di sebagian besar rumah, biasanya terdapat dua macam sendok, yakni sendok makan dan sendok teh. Namun, sendok dan garpu juga memiliki banyak jenis selain yang biasa Anda miliki di rumah. 

 

Nah #happypeople, apa saja sih jenis sendok dan garpu? Berikut ini ada beberapa ragam serta fungsi sendok dan garpu lainnya.

 

Sendok

Waspada,--Alat-Makan-yang-Digunakan-Bersama-bisa-Menularkan-Virus-Covid-19--2

  • Dinner Spoon

Sendok ini adalah sendok yang disebutkan di awal, yaitu sendok makan yang pasti ada di rumah. Sendok ini adalah alat makan paling dasar yang utama. Selain untuk menyuap, sendok ini juga berfungsi untuk memotong lauk, mengoles makanan, atau memindahkan makanan.

  • Tea Spoon dan Coffee Spoon

Selanjutnya adalah sendok yang juga familiar, sendok untuk teh yang berukuran kecil untuk mengaduk minuman. Sendok kopi memiliki bentuk yang mirip namun berukuran sedikit lebih kecil dibandingkan sendok teh.

  • Soup Spoon

Sendok ini berguna untuk mengambil makanan berkuah. Sendok ini memiliki cekungan yang berbentuk bulat dan besar. Terdapat sendok sup berukuran besar, yang berfungsi untuk memindahkan sup dari mangkok saji ke dalam piring. Ada juga sendok sup yang berukuran kecil dan digunakan untuk makan satu orang. Sendok sup kecil biasa kita temukan di restoran China atau Jepang dalam sajian mie.

  • Dessert Spoon

Sesuai namanya, sendok ini berfungsi untuk menyantap hidangan penutup. Bentuknya serupa dengan dinner spoon hanya saja ukurannya jauh lebih kecil.

  • Sugar Spoon

Sendok ini berfungsi untuk menyendok gula. Ukurannya lebih kecil dibandingkan sendok teh. Ciri khas dari sendok gula adalah memiliki aksen bergelombang seperti cangkang kerang pada bagian cekungnya.

  • Ice Cream Spoon

Sendok yang satu ini biasa Anda temukan sepaket saat membeli es krim dalam cup. Sendok ini bentuknya tidak seperti sendok lain karena tidak memiliki cekungan dan justru berbentuk datar. Bagian ujung dari sendok ini juga tidak berbentuk oval seperti sendok lainnya, melainkan berbentuk kotak

  • Serving Spoon

Jenis sendok terakhir adalah serving spoon yang berbentuk seperti dinner spoon namun berukuran lebih besar. Sendok ini sangat besar bila dibandingkan dengan sendok-sendok lainnya. Fungsinya untuk memindahkan makanan yang ke piring tamu, karena biasanya sendok jenis ini terdapat di acara pernikahan atau saat makan di hotel yang menyajikan makanan secara prasmanan.

 

Garpu

garpu-image-1

Selain sendok, garpu juga memiliki banyak jenis dan kegunaannya masing-masing, diantaranya:

 

  • Dessert Fork

Garpu ini digunakan untuk makan hidangan pembuka atau penutup. Ukurannya lebih kecil sedikit dibandingkan garpu makan biasa atau dinner fork. Bagian gerigi luar ukurannya lebih tebal dan sedkkit lebih panjang dibandingkan gerigi bagian dalamnya.

  • Oyster Fork

Garpu ini khusus digunakan untuk makan hidangan seafood, tepatnya tiram. Biasanya terdapat sedikit pengungkit pada ujuang gagang untuk mengikis kerang. Gagangnya berukuran sedikit lebih kecil dan biasanya memiliki tiga gerigi.

  • Cake Fork

Cake fork tentunya digunakan untuk menyantap hidangan cake. Ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan dessert fork. Geriginya pun hanya tiga dengan ukuran yang sama.

  • Fruit Fork

Garpu yang satu ini lebih kecil lagi dibandingkan garpu sebelumnya. Karena fungsinya untuk memakan buah, bagian ujung garpu sedikit lebih tajam untuk menusuk buah serta hanya memiliki dua gerigi.

  • Serving Fork

Serving fork dipasangkan dengan serving spoon untuk menyajikan makanan. Ukurannya sama dengan serving spoon. Bagian untuk menyendoknya pun lebih lebar dibandingkan garpu lain.

  • Steak Fork

Garpu yang terakhir ini digunakan untuk menyantap hidangan steak. Bagian ujung gerigi garpu biasanya sedikit meruncing agar memudahkan saat menusuk daging yang tebal. Geriginya pun biasanya hanya berjumlah dua atau tiga.

 

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya