Tips Makan Di Rumah Agar Tidak Bosan Serta 3 Resep Olahan Pepes Yang Lezat & Mudah.

28 Oktober 2021

Saat Ibu kalian masak dirumah dengan berbagai macam menu yang sama setiap hari, tentunya akan sangat membosankan bukan?.

Nah mimin punya tips nya nih buat Happy People agar tidak bosan makan dirumah.

Selain hemat, makan dirumah juga sangat aman dan sehat di masa pandemi seperti ini, berikut tipsnya  :

 

1.Daftar Resep yang Dikuasai

Cara pertama untuk membuat keluarga lebih menikmati makan di rumah adalah membuat daftar jenis-jenis makanan yang bisa mama masak dengan gampang. Silakan daftar semua resep yang mama kuasai (atau cukup kuasai). 

Pembuatan daftar ini bertujuan untuk mengetahui menu-menu yang bisa mama masak dengan mudah di rumah. 

 

2.Buat Meal Plan

Setelah mengetahui hidangan-hidangan yang bisa mama masak, mama bisa melanjutkan untuk membuat rencana hidangan atau “meal plan.” Durasi makanan bisa sepuluh hari atau dua mingguan (silakan ditentukan). Hal ini menyerupai sebuah jadwal tayang acara tivi. Kalau perlu, mama bisa pilih temanya: kacang-kacangan, hidangan pedas, daging sapi atau sejenisnya.

3.Lakukan Variasi

Nah, setelah kita punya daftar makanan dan menyusun jadwal tayangnya, maka yang selanjutnya juga perlu dilakukan mama adalah membuat variasi. Variasi bisa dilakukan dengan mengubah jadwal selama periode dengan hidangan-hidangan lain yang mama kuasai.

 

Nah itu adalah tips agar tidak bosan makan masakan dirumah, berikut ini mimi punya tambahan resep masakan Pepes yang mudah untuk kalian coba dirumah.

 

1. Resep Pepes Peda

Bila kunci kelezatan sajian pepes yaitu terletak pada racikan halus bumbu & rempah yang membalur bahan utama, maka lain halnya dengan pepes peda. Ikan peda yang sudah gurih dan empuk ini hanya perlu dipadukan dengan bumbu iris untuk membuatnya sedap sempurna.

Panaskan Panci Royal Susun atau Panci Regina. Ambil beberapa lembar daun pisang untuk alas pepes. Bagi dua semua bahan-bahan untuk tiap pepes. Tata secara berurutan: daun singkong, daun kemangi, ikan peda, bawang putih, dan bawang merah. Tata di sebelah kiri ikan: serai, lengkuas, tomat, dan belimbing wuluh. Tata di sebelah kanan ikan: cabai merah, cabai rawit, daun salam, dan daun jeruk.

Gulung daun pisang sambil dipadatkan. Lipat dan semat kedua ujungnya dengan tusuk gigi. Kukus pepes dengan api sedang selama 45 menit hingga matang. Angkat. Siap disajikan.

2. Resep Pepes Udang

Pepes udang sedap

Kerat memanjang punggung udang buang kotoran hitamnya. Cuci bersih. Lumuri udang dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit. Dalam wadah, campur bumbu halus, gula, garam, dan santan kental. Aduk rata. Masukkan udang, cabai rawit, tomat, daun jeruk, dan daun bawang. Aduk rata. Ambil 2 lembar daun pisang lalu letakkan bertumpuk.

Isi dengan adonan udang secukupnya. Bungkus daun seperti bentuk lontong. Semat kedua ujungnya dengan tusuk gigi. Lakukan hingga habis. Kukus pepes selama 25 menit hingga matang. Angkat. Sesaat sebelum disajikan, bakar pepes di atas api atau menggunakan wajan datar anti lengket di atas kompor. Angkat. Siap disajikan.

 

3. Resep Pepes Ikan Teri Basah

Pepes ikan teri basah gurih

Ikan teri basah yang bergizi tinggi, gurih, dan enak ini memang bisa dikreasikan jadi aneka jenis masakan. Sebut saja bakwan teri, perkedel teri, peyek teri, teri goreng krispi, dan pepes. Ketika dibuat pepes, ikan teri basah yang sudah lunak dan cepat menyerap bumbu ini tidak perlu dikukus terlalu lama. Jangan lupa untuk membakarnya di atas bara api atau teflon sebelum disajikan, agar aroma pepes lebih keluar dan bumbunya jadi lebih kesat/kering.

Buang kepala ikan teri lalu bersihkan kotorannya. Cuci bersih lalu lumuri dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan sesaat. Dalam wadah, campur ikan teri dengan bumbu halus, daun kemangi, tomat, garam, dan gula. Aduk hingga rata. Siapkan daun pisang, isi dengan ikan teri yang sudah dibumbui tadi. Tutup daun pisang lalu semat kedua ujungnya dengan tusuk gigi.

Kukus pepes selama 10 menit. Angkat. Bakar pepes di atas wajan datar anti lengket hingga kedua sisi daun pisang layu dan harum. Angkat. Siap disajikan.

 

Untuk mengukusnya kalian bisa gunakan Panci Royal Susun dan untuk memanggang pepesnya kalian juga bisa menggunakan Happy Grill

Selamat Mencoba



 

sumber : https://www.dapurumami.com/artikel/read/cara-membuat-makan-di-rumah-tidak-membosankan

https://resepkoki.id/8-resep-olahan-pepes-lezat-dan-mudah/

 

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya