Tips Masak Porsi Besar Agar Rasa Tetap Enak

07 Januari 2023

Biasanya jika ada acara tertentu, seperti acara keluarga besar ataupun acara pesta pernikahan, dan acara pesta lainnya kita harus menyiapkan makanan yang cukup banyak, dengan begitu cara masaknya pun harus tahu, karena jumlahnya yang begitu banyak atau bisa dibilang porsi besar,karena kalau tidak tahu caranya, rasanya akan tidak enak..

 

Maka dari itu Memasak dengan jumlah banyak tentunya tidaklah mudah, selain porsinya yang besar kita juga harus menjaga rasanya agar tidak hambar, di masak dengan sedikit bar-bar, karena masak besar juga harus butuh tenaga yang kekar, untuk mengaduk masakan dengan kuali lebar.

Simak tips berikut ini untuk kalian yang berniat memasak dalam jumlah banyak atau porsi besar, agar rasanya tetap enak : 

 

1. Menyiapkan Bahan-Bahannya

Sebelum memulai memasak, ada baiknya kalian sudah siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, agar semua berjalan dengan baik sesuai resep.

2. Menghitung Takaran Bumbu & Bahan masakan

Kamu harus tahu ini dibalik keberhasilan memasak dalam porsi besar adalah, menghitung takaran bahan masakan dan bumbu yang akan diberikan, caranya dengan mengalikan dengan porsi standarnya aja, misalkan saat memasak porsi standar kita hanya membutuhkan 1% bumbu untuk hasil 1 piring/mangkuk, nah jika kita memasak porsi besar kita juga harus tahu nih, kira-kira akan menghasilkan berapa porsi, kita tinggal kalikan aja dengan bumbu.

 

contoh mau buat 100 porsi, berarti kita kasih bumbu 90%, kenapa dikurangi ? karena itu untuk menjaga rasanya agar tidak terlalu over, jadi selama memasak kita harus terus icip-icip(cobain) jadi kalau kurang rasanya bisa kita tambahin lagi bumbunya, daripada berlebihan atau over, yang ada jadi tidak karuan rasanya nanti.

3. Menyiapkan Alat Masak Besar

Ini point pentingnya, yaitu alat masak yang kalian gunakan, karena untuk memasak dalam jumlah yang begitu banyak, ga mungkin dong kita menggunakan alat masak yang kecil, maka dari itu alat masak yang besar sangat diperlukan, ini bukan masalah yang sulit, karena semua yang kalian butuhkan dalam memasak, bahkan masak besar sekalipun, KOMODO selalu memberikan solusi, silahkan cek aja di Page Produk dan cari Kuali Kamilia, karena kuali kamilia ada 13 ukuran dari yang paling kecil 30 cm sampai yang paling besar 80 cm, cocok banget buat masakin warga se’kecamatan hehehe.



 

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya