Tips Membersihkan Peralatan Dapur untuk Cegah Virus Corona

30 Maret 2020

Dapur merupakan tempat yang paling rentan menjadi sarang kuman dan bakteri. Mengapa dapur beresiko menjadi tempat bersarangnya kuman? Karena dapur biasa dipakai untuk membuang sisa makanan, dekat dengan saluran pembuangan, dan segala macam kegiatan yang menghasilkan sisa kotoran. 

Untuk menghindarinya, kamu bisa mulai dengan membersihkan peralatan dapur yang sering digunakan. Membersihkan peralatan dapur justru sangat penting. Apalagi sekarang ini negara kita sedang dilanda wabah virus Corona-19 yang menyerang sistem daya tahan tubuh. Meskipun belum ada bukti virus mematikan tersebut bisa berkembang di dapur, namun tidak ada salahnya kalau kita melakukan pencegahan.

Penelitian internasional juga menyebutkan bahwa virus kemungkinan dapat bertahan lama pada benda mati. Mengambil sampel penelitian pada virus SARS yang masih satu ‘keluarga’ dengan Covid-19, SARS mampu berdiam diri pada benda mati dalam hitungan menit hingga hari ke depan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya membersihkan peralatan dapur supaya terbebas dari segala virus dan bakteri.

Nah, #happypeople perlu tahu, ada beberapa tips membersihkan peralatan dapur yang benar. Cara membersihkannya pun bisa menggunakan bahan sederhana yang biasa ada di dapur. Berikut cara membersihkan peralatan dapur agar terbebas dari kuman.

 

Peralatan Dapur Berbahan Stainless Steel

Tips-Membersihkan-Peralatan-Dapur-untuk-Cegah-Virus-Corona-2

Cara membersihkan peralatan dapur dari bahan kayu cukup mudah dibandingkan peralatan stainless. Meskipun tidak berkarat, peralatan dari bahan kayu rentan menimbulkan noda hitam. Untuk membersihkannya cukup sederhana dengan menggunakan garam atau cuka. Garam mengandung zat yang membunuh bakteri. Garam juga ampuh membersihkan peralatan dari bahan kayu yang habis digunakan untuk memasak daging. Sedangkan, cuka juga ampuh membunuh bakteri. Rendam peralatan tersebut ke dalam air larutan cuka, setelah itu gosok peralatan dan bilas hingga bersih.

 

Membersihkan Kompor Gas

Tips-Membersihkan-Peralatan-Dapur-untuk-Cegah-Virus-Corona-3

Nah,untuk peralatan dapur yang agak besar seperti kompor gas maka cara membersihkannya harus teliti. Kamu bisa mulai dengan membersihkan ring kompor yang biasanya terdapat sisa minyak dan bekas masakan lain. Rendam ring kompor ke dalam air biasa, dan bersihkan dengan sabun cuci. Setelah itu, keringkan dengan kain lap bersih. Jangan lupa juga membersihkan seluruh bagian permukaan kompor dengan kain lap basah sampai semua terlihat bersih dan mengkilap.

 

Membersihkan Kulkas

Tips-Membersihkan-Peralatan-Dapur-untuk-Cegah-Virus-Corona-5

Jika kamu meletakan kulkas di dapur, maka benda ini jangan lupa untuk dibersihkan. Kulkas biasanya menimbulkan bau tidak sedap dari makanan yang ada di dalam. Tentunya, kondisi yang bau pasti diikuti dengan bersarangnya kuman di dalam kulkas. Untuk itu, kamu harus membersihkannya secara teratur. Kamu bisa keluarkan rak atau bagian lain dari dalam kulkas. Bersihkan dengan sabun cuci secara merata. Setelah itu, kamu bisa keringkan dengan kain lap. Boleh juga kamu semprotkan antibakteri ke dalam kulkas sebelum dimasukkan makanan dan minuman.

https://www.cleanipedia.com/id/membersihkan-dapur/cara-membersihkan-peralatan-dapur-agar-bebas-bakteri.html

https://www.homify.co.id/ideabooks/5315777/7-tips-praktis-membersihkan-peralatan-dapur

 

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya