Tips perawatan alat masak stainless steel

02 Maret 2023

Jika di artikel sebelumnya mindo sudah bahas tentang  penggunaan alat masak stainless dengan baik dan benar, kali ini mindo mau kasih tips cara membersihkannya dengan benar, agar alat masak stainless kalian tetap awet dan glowing tentunya.

Di baca sampai habis yah tips dari mindo, karena cara ini ampuh buat memperpanjang umur alat masak kalian sampai bertahun-tahun lamanya : 

 

1. Menggunakan Asam Sitrat

Tuang air panas kedalam alat masak yang mau dibersihkan, lalu beri asam sitrat secukupnya, diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air yang mengalir, dan gosok menggunakan lap kering atau kain microfiber .

 

2. Menggunakan Sabun Cuci Piring

Biasanya kalian mencuci alat masak sudah pasti menggunakan sabun pencuci piring bukan? eitss tapi jangan salah, jika tidak tahu cara yang benar, menggunakan sabun cuci piring juga akan percuma, maka cara yang benar adalah, setelah dicuci menggunakan sabun dan air, lanjut kita bersihkan sisa air yang menempel dengan lap kering atau kain microfiber pada alat masak stainless kalian.

 

3. Menggunakan Soda Kue & Cuka

Tuangkan cuka ke alat masak lalu gosok dengan spons atau lap, dan bilas dengan air, jika dengan soda kue caranya dengan tuangkan soda kue secukupnya ke kain lap, lalu gosokkan ke alat masak, kemudian bilas dengan air bersih, dan jangan lupa setelah membersihkan dengan cara apapun, gosok dengan lap kering atau kain microfiber.

 

Sekarang sudah tahu kan cara membersihkan alat masak stainless yang baik dan benar? nah jika mau lebih awet lagi bersihkan secara rutin yah setidaknya seminggu sekali, dengan bahan-bahan dan cara yang benar dan aman, jangan pernah menggunakan benda tajam atau apapun itu yang dapat merusak atau menggores alat masak kalian saat membersihkan noda membandel, cukup dengan cara yang sudah mindo jelasin di atas aja yah.

 

Karena “Semahal apapun alat Masak kalian, jika tidak tahu cara membersihkan dan perawatannya, pasti akan cepat rusak juga’’ hal ini yang harus kalian ingat yah bund!

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya