Wah, Virus Corona masuk Indonesia! Jangan Panik, Ini Cara Pencegahannya

09 Maret 2020

Wabah virus Corona sudah masuk ke Indonesia. Keberadaan virus ini sudah dipastikan setelah Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa dua warga asal Depok, Jawa Barat, positif terjangkit virus tersebut. Dua warga ini kemudian dikarantina untuk mendapatkan penanganan dan mencegah penularan yang lebih luas.

 

Wabah virus Corona memang sudah membuat seluruh dunia was-was. Virus yang dalam dunia kesehatan dikenal sebagai novel coronavirus 2019 (2019-nCov) ini telah menyerang puluhan ribu orang dan menewaskan kurang lebih 3000 jiwa di seluruh dunia. Virus ini tergolong sebagai virus berbahaya seperti halnya virus Middle-East respiratory syndrome (MERS) atau Servere Acute Respiratory Syndrome (SARS) yang pernah terjadi beberapa tahun silam.

 

Kekhawatiran pun dirasakan masyarakat yang belum mengerti bagaimana pencegahan penularan virus ini. Pada ciri-ciri penderita virus Corona, diketahui sebagian korban tidak mengalami gejala apapun sebelum meninggal. Namun, sebagian mengungkapkan penderita virus Corona mengalami gejala seperti flu, batuk, dan demam. Namun, sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyembuhan terhadap pasien yang positif terjangkit virus tersebut. 

 

Meskipun belum ditemukan cara penyembuhannya, para ahli kesehatan di dunia mengungkapkan cara pencegahan penularan virus tersebut. Badan dunia yang menangani kesehatan, World Health Organization (WHO), merekomendasikan pencegahan penularan virus ini. Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus ini. Berikut beberapa tips untuk menghindari penularan virus Corona.

 

Hindari Kontak Langsung dengan Orang Asing yang sedang Sakit

Wah,-Virus-Corona-masuk-Indonesia!-Jangan-Panik,-Ini-Cara-Pencegahannya-1

Solusi ini sebagai himbauan supaya masyarakat lebih berhati-hati. Lakukan pencegahan dengan menghindari kontak langsung dengan orang-orang yang menderita demam atau batuk. Terutama bila bertemu dengan orang yang tidak dikenal atau orang asing. Meskipun belum tentu mereka positif terjangkit, tetapi tidak ada salahnya selalu waspada dan menjaga diri agar terhindar dari bahaya virus tersebut.

 

Cuci Tangan 

Wah,-Virus-Corona-masuk-Indonesia!-Jangan-Panik,-Ini-Cara-Pencegahannya-2

Salah satu anjuran untuk menghindari penularan virus Corona adalah dengan rutin membersihkan anggota badan. Usahakan selalu membersihkan tangan dengan sabun atau alkohol. Cobalah membersihkan diri minimal 5 kali dalam sehari. 

 

Hindari Kontak Langsung dengan Hewan di Area Terdampak

Wah,-Virus-Corona-masuk-Indonesia!-Jangan-Panik,-Ini-Cara-Pencegahannya-3

Jangan melakukan kontak langsung tanpa perlindungan dengan hewan di area yang terdampak. Di samping itu, selalu waspada bila mengetahui ada hewan berasal dari area lain yang positif terdampak serta lakukan perlindungan kesehatan dengan tidak langsung menyentuh bahkan mengkonsumsinya.

 

Hindari Konsumsi Daging Mentah

Wah,-Virus-Corona-masuk-Indonesia!-Jangan-Panik,-Ini-Cara-Pencegahannya-4

Mengkonsumsi daging mentah atau belum matang penuh bisa berpeluang memasukan bakteri atau virus ke dalam tubuh. Oleh karena itu, jika Anda mempunyai hobi mengkonsumsi daging mentah, sebaiknya untuk menghentikan kebiasaan tersebut. 

 

Cari Pertolongan Medis

Wah,-Virus-Corona-masuk-Indonesia!-Jangan-Panik,-Ini-Cara-Pencegahannya-5

informasi umum menyebutkan ciri-ciri gejala penyakit ini adalah si penderita biasanya merasakan flu, batuk, atau demam. Namun, semua itu belum bisa memastikan bahwa orang tersebut adalah penderita virus Corona. Akan tetapi, bila bertemu dengan orang yang mengalami kondisi tersebut dalam jangka waktu lama dan terlihat kondisinya yang sangat lemah, sebaiknya segera cari pertolongan medis dan bawa mereka ke rumah sakit rujukan.

 

Pakai Masker

Wah,-Virus-Corona-masuk-Indonesia!-Jangan-Panik,-Ini-Cara-Pencegahannya-6

Anjuran pencegahan ini memang tidak resmi dikeluarkan oleh WHO. Tetapi, banyak yang menganjurkan penggunaan masker untuk pencegahan penularan virus tersebut. Tidak ada salahnya, bila Anda keluar rumah dan berada di keramaian untuk menggunakan masker.

Gunakan master tebal yang disarankan oleh ahli kesehatan. Dengan penggunaan masker setidaknya dapat menghalau virus yang disebar melalui bersin atau batuk yang keluar dari mulut.

 

Jaga Kebersihan

Wah,-Virus-Corona-masuk-Indonesia!-Jangan-Panik,-Ini-Cara-Pencegahannya-7

Salah satu cara terbaik untuk menghindari penularan bisa dengan menjaga kebersihan di rumah. Mulai lah bersihkan perabotan dan benda-benda yang ada di rumah. Selain itu, membersihkan peralatan dapur juga penting karena tentunya digunakan sebagai wadah makanan atau alat memasak setiap hari. Bersihkan peralatan stainless dapur dan buang sampah plastik Anda yang bisa menjadi sarang bakteri dan virus.

 

Jaga Kondisi Badan

Wah,-Virus-Corona-masuk-Indonesia!-Jangan-Panik,-Ini-Cara-Pencegahannya-8

Cara pencegahan selanjutnya adalah menjaga kondisi badan dengan olahraga dan tidur teratur. Olahraga yang cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kemudian, jangan lupa imbangi dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup setiap hari.

 

 

Artikel Terkait Lainnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya

Jangan Panik! Inilah Cara Terbaik Mengatasi Luka Bakar saat Memasak

27 Pebruari 2024

Menangani luka bakar saat memasak merupakan keterampilan penting yang dapat membantu mencegah kerusa

Lihat Selanjutnya

4 Macam Jenis Pisau Dapur yang Wajib Kalian Punya

13 Pebruari 2024

Pisau dapur adalah salah satu peralatan penting di setiap dapur. Dengan memiliki berbagai jenis pisa

Lihat Selanjutnya