Wajib Tahu! Ini Alat Masak untuk Kondisi Darurat Banjir

26 Pebruari 2021

 

Tidak semua orang siap dengan kondisi darurat bencana alam. Termasuk ‘kedatangan’ banjir yang mulai banyak terjadi ketika musim hujan. Banjir sekarang ini terkadang tidak lagi hanya menimpa daerah yang memang biasa menjadi langganan, tetapi juga daerah lain yang kondisi alamnya sudah berubah. Oleh karena itu, penting kita mengetahui persiapan apa saja untuk menghadapi kondisi darurat banjir.

Bagi masyarakat yang berada di kawasan bebas banjir, tentu belum pernah merasakan tinggal di penampungan. Tapi, bagaimana kalau daerah yang bebas banjir tiba-tiba kebanjiran? Nah #happypeople jangan khawatir bila tempat kamu sewaktu-waktu kebanjiran. Bila kamu diharuskan mengungsi atau malah terjebak dirumah, maka beberapa perlengkapan bisa kamu persiapkan dari sekarang. Berikut alat masak yang diperlukan dalam kondisi darurat bencana.

  1. Siapkan Kompor Portabel

Dikutip dari laman Kompas, kompor portabel menjadi salah satu alat yang penting untuk jaga-jaga saat kondisi darurat. Kompor portabel bisa digunakan untuk memasak makanan. Namun begitu, kamu juga harus mempersiapkan gas kaleng sebagai bahan bakar. Selain kompor portabel, kompor parafin yang biasa digunakan untuk camping juga bisa dipakai. 

  1. Siapkan Air Galon

Kondisi darurat memang tidak bisa diprediksi siapapun. Namun, setidaknya kamu memiliki persiapan salah satunya memiliki air galon. Menyiapkan air bersih di dalam galon penting untuk kondisi darurat. Cara lain kamu bisa mempersiapkan air galon isi ulang di rumah. Air galon berfungsi untuk kebutuhan pangan seperti memasak nasi atau memasak sayuran.

  1. Siapkan Panci atau Penggorengan

Panci atau penggorengan untuk membuat makanan. Panci berguna untuk memasak nasi, lauk-pauk, air, dan lain-lain. Ada dua teknik memasak nasi dalam kondisi darurat. Pertama, teknik aron yaitu merendam beras lalu mengukusnya setengah matang. Kemudian, campur beras dengan air mendidih hingga mengembang. Bila sudah, kukus kembali beras sampai matang. Kedua, teknik kastrol yang mencampurkan beras dengan air dan masak hingga matang. Sementara, bahan penggorengan juga sangat bisa diandalkan untuk memasak air atau memasak makanan dalam kondisi darurat.

  1. Cooking Set

Cooking set atau peralatan masak sangat bermanfaat dalam kondisi darurat. Siapkan cooking set sederhana yang berisikan peralatan seperti panci, wajan, gelas, pisau, piring, sendok, dan garpu yang bisa kamu dapatkan mudah di pasar. Pilihlah bahan cooking set dari stainless steel yang awet, tahan lama, serta mudah dibersihkan. Kamu bisa pilih beragam cooking set di nagakomodo.id yang terlah ber-SNI dan terjamin mutunya. Bahan stainless lebih ringan dan praktis dibawa kemana saja. Semua peralatan tersebut sangat berguna untuk berbagai kebutuhan dapur saat kondisi darurat.

Itulah tadi beberapa alat yang bisa dipersiapkan dalam menghadapi kondisi darurat. Ingat, bencana bisa datang kapan saja dan dimana saja. Mulailah persiapkan semua hal dari sekarang agar bisa melalui kondisi darurat dengan aman.

Artikel Terkait Lainnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya

Jangan Panik! Inilah Cara Terbaik Mengatasi Luka Bakar saat Memasak

27 Pebruari 2024

Menangani luka bakar saat memasak merupakan keterampilan penting yang dapat membantu mencegah kerusa

Lihat Selanjutnya

4 Macam Jenis Pisau Dapur yang Wajib Kalian Punya

13 Pebruari 2024

Pisau dapur adalah salah satu peralatan penting di setiap dapur. Dengan memiliki berbagai jenis pisa

Lihat Selanjutnya