6 Cara Sederhana Hemat Air untuk Selamatkan Bumi

15 Maret 2021

Krisis air merupakan salah satu masalah serius yang kini dihadapi oleh banyak negara di dunia. Hal ini diantaranya disebabkan terjadinya perubahan iklim serta meningkatnya jumlah penduduk dan kegiatan industri. Berbagai cara pun dilakukan termasuk mengkampanyekan gerakan menghemat air agar terhindar dari krisis alam tersebut.

Sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui, air pun dalam kondisi tertentu menjadi terbatas. Krisis air sering terjadi terutama pada musim kemarau yang panjang. Nah #happypeople dunia yang terus menghangat membuat kita mesti bisa mengelola penggunaan air dengan benar. Berikut ini ada cara menghemat air supaya kita terhindar dari bahaya kekeringan di masa depan.

  1. Mandi Pakai Gayung

Dikutip dari Kompas, mandi dengan gayung bisa jadi cara kita menghemat air, lho. Memakai gayung saat mandi akan menghabiskan sekitar 15 liter air. Sementara, mandi dengan pancuran bisa menghemat lebih dari 60 persen air.

  1. Matikan Keran saat Cuci Tangan dan Gosok Gigi

Cara menghemat air berikutnya adalah dengan mematikan keran saat mencuci tangan dan menggosok gigi. Kok bisa? Yup, karena dengan penggunaan gayung atau gelas saja, kita bisa berhemat 11 liter air per hari.

  1. Menyiram Tanaman

Menyiram tanaman merupakan aktivitas yang bisa menghemat air. Sebaiknya siram tanaman di pagi hari, sebab bila menyiram tanaman pada siang hari membuat air menguap sebelum diserap. Selain itu, kamu juga bisa menanam pohon dan tanaman lain saat musim hujan. Waktu ini sangat tepat karena tumbuhan akan membutuhkan lebih banyak air.

  1. Jangan Terlalu Banyak Buang Air di Kloset

Cara sederhana menghemat air selanjutnya adalah mengurangi siraman air pada toilet duduk. Kamu tidak perlu berlebihan dalam menggunakan air saat buang air di kloset duduk. Jika kotoran sudah hilang, maka tidak perlu menyiram toilet lagi, ya.

  1. Bijaksana saat Penggunaan Air untuk Mencuci Pakaian

Dari hal kecil kita membantu mengurangi ancaman krisis air di masa depan. Yup, jangan gunakan air berlebihan saat mencuci pakaian, ya. Gunakan mesin cuci yang hemat 11.400 – 34.000 liter air. Cucilah saat pakaian sudah menumpuk banyak dan sesuaikan dengan kapasitas mesin.

  1. Gunakan Peralatan Stainless

Sebagai dampak dari perubahan iklim, krisis air bisa dicegah dengan mengawalinya lewat kampanye Go Green. Salah satu bentuk kampanye Go Green adalah mengganti peralatan rumah tangga dengan bahan material stainless. Pemakaian alat rumah tangga telah banyak beralih dari penggunaan produk yang terbuat dari bahan plastik ke bahan material stainless. Bahan stainless dinilai dapat mengurangi risiko pencemaran lingkungan.

Salah satu penyedia peralatan rumah tangga stainless terpercaya adalah nagakomodo.co.id Naga Komodo menyediakan beragam produk kebutuhan peralatan rumah tangga seperti sendok, gunting daging, pisau, botol, sedotan, dan lain-lain yang semua terbuat dari bahan stainless berkualitas tinggi dan aman bagi lingkungan. Informasi selengkapnya tentang produk peralatan rumah tangga dari Naga Komodo dapat dilihat dengan mengunjungi laman https://nagakomodo.co.id/produk dan Instagram @Nagakomodo.id

Artikel Terkait Lainnya

Pentingnya Alat Masak dalam Mempengaruhi Hasil Akhir Masakan

11 April 2024

Memasak bukan hanya tentang mengikuti resep dan mencampurkan bahan-bahan. Peralatan masak yang anda

Lihat Selanjutnya

Bingung Pilih Hampers Lebaran? Simak Tips Ini!

04 April 2024

Memberikan hampers menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan di momen spesial ini. Namun,

Lihat Selanjutnya

Trik Memasak Besar untuk Lebaran agar Tetap Enak

28 Maret 2024

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga dan orang terkasih. Memasak da

Lihat Selanjutnya

5 Alasan Mengapa Alat Masak Stainless Lebih Baik dari Jenis Lainnya

16 Maret 2024

Salah satu pertimbangan penting saat memilih alat masak adalah bahan pembuatannya. Alasan utamanya a

Lihat Selanjutnya

Tips Masak Sahur Sat-Set Cepat dan Praktis

08 Maret 2024

Sahur adalah waktu penting selama bulan Ramadan, di mana umat Muslim bersiap untuk menjalani puasa s

Lihat Selanjutnya